15 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Diabetes Melitus

15 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Diabetes Melitus ,-  Diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Glukosa sangat penting bagi kesehatan kita karena merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita.

15 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Diabetes Melitus

15 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Diabetes Melitus

Makanan penyebab diabetes melitus paling sering terdapat di sekeliling kita. Diabetes adalah penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang. Diabetes dapat disebabkan karena faktor keturunan sementara beberapa orang menderita diabetes karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Menghindari berbagai jenis makanan yang memicu diabetes bisa dilakukan sejak dini. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan diabetes :

  • Permen

Permen diolah dipabrik dengan menambahkan bahan pemanis dan pengawet makanan. Gula kecil dalam permen memang tidak terasa, tapi jika dikonsumsi berlebihan maka bisa menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi lebih tinggi.

  • Kue Kering

Kebiasaan makan kue kering berlebihan ternyata bisa menyebabkan diabetes. Kue kering cenderung merupakan makanan yang mengandung kalori tinggi. Selain itu, berbagai jenis bahan tambahan lain dalam kue seperti minyak, gula, coklat dan selai membuat kadar gula dalam tubuh menjadi lebih cepat naik.

  • Nasi Putih

Orang biasanya tidak bisa merasa puas sebelum makan nasi. Namun nasi mengandung nilai indeks glikemik yang tinggi. Nilai karbohidrat yang sangat tinggi akan membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih mudah naik. Orang yang menderita jenis diabetes tipe 2 harus mengurangi jumlah nasi atau mengganti nasi dengan makanan lain. Beberapa alternatif nasi dari beras merah lebih banyak disarankan.

  • Daging Merah

Semua jenis makanan yang mengandung lemak tinggi akan meningkatkan peluang untuk terkena diabetes. Jenis lemak jenuh akan membuat tubuh menyerap lemak lebih banyak dan sulit untuk diolah oleh organ pencernaan. Daging merah mengandung kalori dan kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan maka tidak hanya menyebabkan diabetes tapi juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

  • Kismis

Kismis bisa menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat. Hal ini terjadi ketika kismis mengandung gula alami yang berasal dari buah-buahan. Namun kandungan gula ini mengalami perubahan komposisi ketika terjadi proses pengeringan buah-buahan. Hal inilah yang menyebabkan kismis bisa menjadi makanan yang berbahaya untuk penderita diabetes.

  • Kopi

15 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Diabetes Melitus termasuk kopi. Kafein dalam kopi akan menyebabkan tubuh membutuhkan insulin dalam jumlah yang lebih tinggi. Namun pankreas dalam tubuh mungkin tidak bisa memenuhi kebutuhan insulin sehingga, menyebabkan kadar gula dalam tubuh tidak bisa masuk ke dalam sistem metabolisme. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh bisa terkena diabetes.

Baca Juga : 10 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  • Pisang

Pisang memang termasuk buah yang banyak mengandung karbohidrat dan termasuk jenis karbohidrat halus. Makan satu buah pisang dalam sehari tidak akan meningkatkan resiko namun, jika lebih dari itu maka bisa menyebabkan peradangan. Kadar gula darah akan lebih cepat meningkat dan tubuh membutuhkan insulin lebih banyak.

  • Nanas

Makan buah nanas yang berlebihan akan menyebabkan Anda terkena diabetes. Termasuk jika nanas diolah menjadi jeli atau selai yang ditambah dengan gula.

  • Apel

15 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Diabetes Melitus berikutnya yaitu apel. Apel memang buah yang penuh dengan manfaat. Kandungan makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti apel, dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker. Namun jika makan apel dalam jumlah yang banyak setiap hari maka bisa menyebabkan diabetes.

  • Kacang Polong

Kacang polong termasuk kacang-kacangan yang tinggi protein dan karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang sangat tinggi inilah yang akan menyebabkan tubuh bisa mengalami kenaikan kadar gula dalam darah.

  • Sirup

Sirup biasanya diolah dari bahan sari buah-buahan alami maupun buatan. Namun tambahan gula buatan biasanya akan memberikan rasa manis yang lebih tinggi.

  • Ayam Goreng

Ayam goreng mengandung beberapa bahan lain yang bisa menyebabkan diabetes seperti garam, lemak dan kalori yang sangat tinggi. Anda tetap bisa makan ayam goreng namun dalam jumlah yang terbatas. Selain itu jika bisa maka ganti ayam goreng dengan di kukus atau dipanggang.

  • Biskuit

Biskuit ika dikonsumsi berlebihan maka bisa menyebabkan diabetes. Hal ini terjadi karena biskuit banyak mengandung garam, bahan pengawet makanan, dan kalori yang sangat tinggi.

  • Saus

Saus adalah produk olahan yang terbuat dari tomat atau cabai. Saus melewati proses pengolahan yang ditambah dengan bahan makanan lain seperti gula, garam dan bahan pengawet lain. Bahan ini membuat nilai kalori saus menjadi lebih tinggi sehingga menyebabkan potensi diabetes menjadi lebih besar.

  • Susu

Susu mengandung lemak yang cukup tinggi. Kandungan lemak inilah yang akan meningkatkan reaksi tubuh terkena resistensi insulin. Resistensi insulin berarti bahwa tubuh membutuhkan banyak insulin untuk memecah kadar gula darah namun tubuh tidak memiliki cadangan insulin yang cukup. Kondisi ini akan meningkatkan resiko terkena diabetes.

Khasiat Jelly Gamat Bio Gold Untuk Penderita Diabetes

Jelly Bio Gold Untuk Mengobati Kanker.

Jelly Gamat Bio Gold terbuat dari Ekstrak Teripang Emas yang memiliki banyak sekali khasiat termasuk untuk mengatasi diabetes. Ekstrak Teripang Emas atau Gamat ini menghasilkan kandungan gizi yang sangat lengkap untuk membantu menetralisir penyakit diabetes kering dengan cepat, kandungan teripang emas tersebut diantaranya Protein 86,8%, Lektin, Saponin, Kolagen 80,0%, Asam Amino, Mukopolisakarida, Antiseptik alamiah, Vitamin dan Mineral, Omega-3, 6, dan 9. Glucosamine dan Chondroitin, Glucasaminoglycans (GAGs). Selain kandungan-kandungan tersebut, Teripang emas memiliki kandungan “Cell Growth Factor” (faktor regenerasi sel) sehingga mampu merangsang regenerasi/pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak/sakit bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat/pulih kembali. Contoh yang mudah misalnya pada kasus penderita diabetes melitus. Selain diminum, gamat juga dioleskan pada luka yang sudah membusuk, bahkan hampir diamputasi. Ternyata, “Cell Growth Factor” mampu bekerja dengan baik sehingga luka menjadi pulih dengan cepat.

Menurut Dr.Ir.M. Ahkam Subroto, M.App.Sc., Periset Bioteknolog LIPI, kandungan protein tinggi pada teripang yang mencapai 82%, baik diberikan kepada penderita penyaki diabetes mellitus. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulin meningkat. (Trubus 441, Agustus 2006, halaman 109).

15 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Diabetes Melitus

Promo Gamat Gold

Jelly Gamat Bio Gold dan Kapsul Gold Gamat terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas ASLI, dan BERKUALITAS sehingga kandungan di dalam Teripang tidak akan berkurang. Bio Gold dan Gold Gamat sudah Terdaftar di Badan POM RI dan sudah bersertifikasi produk 100% HALAL. Untuk memudahkan pemesanan silahkan klik >>> DISINI

 

Sumber :
http://www.alodoktercom/diabetes
https://obatdiabeteskering25.wordpresscom/
https://halosehatcom/penyakit/diabetes/makanan-penyebab-diabetes

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *