Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis

Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis ,- Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Gejala Osteoporosis

Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis

Kepadatan tulang berkurang secara perlahan (terutama pada penderita osteoporosis senilis), sehingga pada awalnya osteoporosis tidak menimbulkan gejala. Jika kepadatan tulang sangat berkurang sehingga tulang menjadi kolaps atau hancur, maka akan timbul nyeri tulang dan kelainan bentuk. Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis

Kolaps tulang belakang menyebabkan nyeri punggung menahun. Tulang belakang yang rapuh bisa mengalami kolaps secara spontan atau karena cedera ringan. Biasanya nyeri timbul secara tiba-tiba dan dirasakan di daerah tertentu dari punggung, yang akan bertambah nyeri jika penderita berdiri atau berjalan. Jika disentuh, daerah tersebut akan terasa sakit, tetapi biasanya rasa sakit ini akan menghilang secara bertahap setelah beberapa minggu atau beberapa bulan. Jika beberapa tulang belakang hancur, maka akan terbentuk kelengkungan yang abnormal dari tulang belakang (punuk Dowager), yang menyebabkan ketegangan otot dan sakit.

Makanan Sehat Untuk Menjaga Kepadatan Tulang

makanan untuk osteoporosis

  • Ikan – Ikan merupakan makanan yang mengandung protein dan bermanfaat untuk membangun sel-sel tulang yang rusak. Ikan dengan duri lunak seperti bandeng presto sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang. Bandeng presto duri lunak baik jika dikonsumsi bersama dengan durinya yang telah lunak.
  • Daging unggas – Daging unggas juga kaya akan protein. Konsumsilah daging unggas tanpa kulit yang bisa menjaga kepadatan tulang.
  • Telur – Telur juga kaya akan protein. Telur bisa menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.
  • Kacang-kacangan – Kacang adalah sumber protein nabati yang penting untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang di dalam tubuh. Kacang-kacangan juga kaya akan kalsium, mangan, magnesium dan juga fosfor. Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang almond, kacang pistachio dan kacang kedelai sangat bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Berbagai macam olahan kedelai seperti tahu dan tempe juga bagus untuk tulang.
  • Ragi – Kita sering menganggap remeh ragi. Namun siapa sangka jika ragi memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Setidaknya dalam 100 gram ragi kering ditemukan sebanyak 350 miligram kalsium.
  • Makanan omega 3 – Omega 3 juga bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada tulang sehingga kepadatan dan kekuatannya bisa terjaga. Makanan yang kaya akan omega-3 adalah biji labu, biji rami dan juga minyak ikan.

Baca Juga : Obat Tradisional Mengatasi Radang Sendi

Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis

olahraga

1. Jangan Mengkonsumsi alkohol, karena alkohol dapat mencegah penyerapan kalsium dalam tulang, dan berhentilah merokok karena dapat meningkatkan fraktur tulang diusia tua.

2. Sinar matahari di pagi hari sampai dengan pukul delapan pagi banyak mengandung vitamin D. Oleh sebab itulah, wanita diharapkan untuk bisa menyerap vitamin D yang diberikan oleh sinar matahri tersebut. Caranya adalah setiap pagi sampai dengan jam 8 melakukan olahraga jogging atau hanya sekedar jalan santai menikmati udara dan sinar di pagi hari.

3. Olahraga Teratur. Berolahraga secara rutin juga dapat menjaga kesehatan tulang, meningkatkan stamina, kekuatan, postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan membantu mencegah keroposnya tulang.

4. Hindari Makanan Berlemak. Makanan yang mengandung banyak lemak patut dihindari agar osteoporosis bisa dicegah. Alasannya adalah lemak bisa membuat penyerapan kalsium menjadi terhambat dikarenakan lemak sifatnya akan mengikat kalsium. Sehingga seberapa banyak kalsium dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh, namun jika mengkonsumsi makanan berlemak juga tidak berguna

5. Vitamin K. Vitamin K juga bermanfaat untuk cara mencegah osteoporosis. Vitamin K banyak ditemukan pada sayuran hijau seperti kangkung, sawi dan juga bayam.

Teripang Emas Untuk Mengobati Osteoporosis

Obat Herbal dan Alami Untuk Membantu Dalam Mengatasi Sakit Maag Akut, Menurunkan Asam Lambung dan Gangguan Pada lambung, Menurunkan Kolesterol, Kanker, Ginjal, Mioma, Stroke, Asam Urat, Asma, Polip, Alergi, Jantung, Radang Sendi, Osteoporosis, Diabetes, dan Hipertensi

Promo Gamat Gold

Teripang Emas memiliki kandungan yang berperan menyembuhkan osteoporosis yaitu “Glucosamine dan Chondroitin“. Pasalnya kedua kandungan ini mampu mencegah inflamasi dan mengurangi rasa sakit, memelihara kesehatan sendi dan tulang, memperbaiki sendi yang rusak, menyokong kesehatan tulang rawan dan tendon, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memelihara pertumbuhan dan perkembangannya, membantu memelihara jaringan ligmen pada tulang, membantu mencegah & mengobati osteoporosis dan osteoarthritis.

Secara keseluruhan, manfaat teripang juga bisa dikatakan sebagai salah satu zat alami yang dapat membantu pengokohan tulang dan sendi. Ditemukannya senyawa Chondroitin sulfate di dalam teripang juga sangat bermanfaat untuk mereka yang mengalami pengeroposan sendi/osteoporosis akibat radang.

Senyawa tersebut juga dapat memperbaiki kembali serta membangun tulang rawan pembentuk sendi yang terkikis akibat benturan, kecelakaan, kelebihan berat badan yang berakibat pada kelainan struktur tulang dalam. Itulah yang akhirnya menjadi pertimbangan yang tepat oleh pemerintahan Australia dan Selandia Baru yang saat ini tengah mengembangkan obat-obatan anti radang sendi dan tulang bagi atlet-atlet dunia.

Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis

Promo GamatGold.Net

Jelly Gamat Bio Gold terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas ASLI, danBERKUALITAS sehingga kandungan di dalam Teripang tidak akan berkurang. Jelly Gamat Bio Gold sudah Terdaftar di Badan POM RI dan sudah bersertifikasi produk 100% HALAL. Untuk memudahkan pemesanan silahkan klik >>> DISINI

 

sumber
https://halosehatcom/penyakit/osteoporosis/cara-mencegah-osteoporosis
http://doktersehatcom/penyebab-dan-cara-mencegah-osteoporosis/
https://id.wikipediaorg/wiki/Osteoporosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *