Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Hepatitis B

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Hepatitis B ,-  Penyakit hepatitis b adalah penyakit yang menyerang organ hati yang disebabkan oleh “Virus Hepatitis B” (VHB), suatu anggota famili Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati.

Screenshot_16

Masih ada harapan untuk penderita hepatitis B sembuh secara total, asalkan disiplin dalam melakukan pengobatan. Di samping itu, pastikan Anda juga:

  • Menjaga pola makan (menjauhi pantangan makanan hepatitis B dan mengkonsumsi makanan yang dianjurkan bagi penderita hepatitis B)
  • Menghindari stres
  • Istirahat cukup (tidur setidaknya 7-8 jam sehari)
  • Olahraga 3-5 kali seminggu dengan durasi 30-45 menit (tidak perlu yang berat. Berenang, jogging, bersepeda, atau berenang bisa menjadi alternatif)

Makanan Yang Tidak Dianjurkan Untuk Penderita Hepatitis B

  • Alkohol

Seperti yang kita tahu, alkohol tidak hanya dapat merusak fungsi hati, tapi juga bisa merusak sistem saraf otak dan jaringan tubuh lainnya.

  • Makanan Berlemak Tinggi

Jeroan, junk food, seafood, aneka gorengan, makanan bersantan, susu tinggi lemak dan olahannya (keju, es krim, dsb), aneka kue, dan makanan berlemak lainnya termasuk makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hepatitis B.

  • Makanan yang Mengandung / Menimbulkan Gas

Pantangan makanan lainnya yang harus dihindari oleh penderita hepatitis B adalah makanan yang dapat menimbulkan gas di dalam perut, misalnya seperti kol, sawi, lobak, nangka, dll.

  • Makanan Olahan

Apapun jenisnya, makanan yang diolah dan dipastikan mengandung bahan pengawet kimia, sebaiknya tidak Anda konsumsi sama sekali. Makanan jenis ini meliputi: Daging olahan (sosis, ham, hotdog, dendeng, abon, dll), makanan kalengan, jus kemasan, aneka makanan ringan, dsb.

Baca Juga : Manfaat Teripang Emas Atasi Penyakit Ginjal

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Hepatitis B

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Hepatitis B

Berikut beberapa makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita hepatitis b :

  • Buah Bit

buah bit1

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Hepatitis B yang pertama adalah buah bit. Buah bit memiliki kandungan flavonoid dan beta-karoten yang cukup tinggi, dengan rajin konsumsi buah bit organ hati akan meningkat fungsinya secara keseluruhan untuk memberantas hepatitis b.

  • Teh Hijau

teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yaitu catechin “senyawa yang dapat membantu fungsi hati”. Dan tidak untuk organ hati saja, teh hijau juga sangat bagus untuk seluruh tubuh dan untuk diet.

  • Wortel

wortel1

Wortel selain kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, juga mengandung flavonoid serta beta-karotin yang tinggi dan sangat baik untuk organ hati.

  • Bawang Putih

Screenshot_1

Bawang putih dapat digunakan untuk mengusir racun, cara kerjanya adalah bawang putih mengaktifkan enzim hati yang membantu tubuh untuk menghalau racun termasuk hepatitis b yang sedang menyerang hati.

  • Temulawak

temulawak

Temulawak dikenal sangat ampuh untuk meningkatkan fungsi hati dan juga membantu proses regenerasi sel darah merah serta penyerapan zat besi.

  • Remis

remis

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Hepatitis B berikutnya yaitu remis. Remis memiliki kandungan zat yang mampu meningkatkan fungsi hati untuk melawan virus hepatitis b dan meregenerasi sel-sel pada organ hati.

  • Alpukat

Screenshot_14

Alpukat kandungan gizi didalamnya sangat banyak dan memiliki kandungan zat yang mampu membantu tubuh memproduksi glutathione, Glutathione ini adalah senyawa yang dibutuhkan hati untuk membersihkan racun.

  • Apel

apel1

Apel selain rasanya yang sangat enak ternyata juga baik bagi penderita hepatitis b, yaitu dengan memberikan kandungan senyawa yang diperlukan tubuh untuk melepaskan dan memberikan racun di saluran pencernaan sehingga tugas organ hati tidak bertambah berat.

  • Teripang Emas

Teripang Emas

Teripang atau gamat dari species terbaik yakni Golden Stichopus Variegatus dimana menurut Prof. Dr. Ridzwan Hashim, peneliti dari Unversitas Kebangsaan Malaysia, teripang tersebut mengandung 86% protein yang mudah diuraikan menjadi enzim pepsin. Kandungan protein yang tinggi berperan sebagai immunomodulator alias pembangun sistem kekebalan tubuh Protein dan 16 asam amino essensial mujarab dalam meregenerasi sel dan memperkuat hati untuk mengeluarkan antibodi. Sifat gamat yang mudah larut dalam air, Menurut dr. Zen Djaja, MD di Malang, membuatnya langsung terserap di hati tanpa mengalami detoksifikasi. Ektrak teripang juga sangat baik dalam membantu memperbaiki fungsi hati.
Menurut Dokter Hariadi teripang memiliki kandungan kolagen yang sangat tinggi memiliki kemampuan menyembuhkan hepatitis-B dengan cepat. Hal itu disebabkan teripang mampu melakukan regenerasi sel secara singkat. Menurut dokter lulusan Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro itu, gamat juga merupakan suplemen organik. Oleh karena itu, penyerapan dalam tubuh pun berlangsung lebih baik dan tidak menimbulkan efek samping.

Promo Gamat Gold

Jelly Gamat Bio Gold terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas ASLI, dan BERKUALITAS sehingga kandungan di dalam Teripang tidak akan berkurang. Bio Gold sudah Terdaftar di Badan POM RI dan sudah bersertifikasi produk 100% HALAL. Untuk memudahkan pemesanan silahkan klik >>> DISINI

 

Sumber :
http://qncobatambeiencom/makanan-yang-boleh-dan-tidak-boleh-dikonsumsi-penderita-hepatitis-b
https://obathepatitisbalamiah.wordpresscom
http://www.obattahanlamatradisional.webid/makanan-penderita-hepatitis-b

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *