Penyebab Osteoporosis Yang Jarang Diketahui

Penyebab Osteoporosis Yang Jarang Diketahui ,-  Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah penipisan dan hilangnya massa tulang yang berkelanjutan, yang membuat tulang menjadi lebih keropos, rapuh, dan mudah patah akibat trauma kecil. Wanita lebih berisiko osteoporosis setelah masa menopause. Patah tulang akibat osteoporosis lebih sering terjadi pada panggul, pergelangan tangan atau tulang belakang, namun semua tulang dapat terkena.

Penyebab Osteoporosis Yang Jarang Diketahui

Osteoporosis disebabkan oleh menurunnya kepadatan tulang seiring pertambahan usia. Osteoporosis terjadi pada semua orang, namun beberapa orang lebih berisiko dan lebih cepat mengalami kondisi ini dibandingkan yang lain.

Penyebab Osteoporosis Yang Jarang Diketahui. Saat muda, tulang manusia beregenerasi dengan cepat serta berada dalam kondisi paling padat dan kuat. Namun seiring pertambahan usia, tulang lama tidak segera tergantikan dengan tulang baru dan tidak lagi bertumbuh. Hal ini membuat tulang secara perlahan menjadi lebih rapuh dari waktu ke waktu.

Penyebab Osteoporosis Yang Jarang Diketahui

  • Usia

penyebab osteoporosis

Semakin bertambahnya usia, semakin besar resiko untuk dapat terkena gangguan osteoporosis. Wanita tua yang telah melewati masa menopause lebih sering mengalami gangguan ini.

  • Ukuran tubuh

Pria maupun wanita yang memiliki bentuk tubuh kecil cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi terkena osteoporosis. Hal ini karena mereka memiliki massa tulang yang lebih sedikit seiring dengan bertambahnya usia mereka.

  • Faktor keturunan

Jika memiliki orang tua atau saudara dengan riwayat osteoporosis. Hal tersebut akan menempatkan diri, pada risiko yang lebih besar mengalami gangguan ini.

Baca Juga : Bahaya Radang Sendi Jika Tidak Segera Diatasi

  • Faktor makanan

Faktor konsumsi makanan merupakan salah satu Penyebab Osteoporosis Yang Jarang Diketahui berikutnya, mereka yang lebih mungkin terkena gangguan ini antara lain :

Seseorang yang memiliki asupan kalsium yang rendah. Kurangnya kalsium memiliki peran utama dalam pengembangan osteoporosis.Asupan kalsium yang rendah memberikan kontribusi untuk kepadatan tulang berkurang, kehilangan tulang lebih awal, serta peningkatan risiko terjadinya patah tulang. Selain itu, mengkonsumsi daging merah serta minuman bersoda dimana keduanya banyak mengandung fosfor yang dapat merangsang pembentukan horman parathyroid. Penyebab pelepasan kalsium dari dalam darah juga di indikasikan sebagai pemicu osteoporosis.
Seseorang yang mengalami gangguan pola makan. Orang-orang yang menderita anoreksia berada pada risiko tinggi osteoporosis. Asupan makanan yang rendah dapat mengurangi jumlah kalori. Pada wanita, anoreksia dapat menghentikan menstruasi, serta menyebabkan tulang menjadi lemah. Pada pria, anoreksia menurunkan jumlah hormon seks dalam tubuh dan dapat melemahkan tulang.

  • Jenis Kelamin

gender

Perubahan kadar hormon dapat memengaruhi kepadatan tulang. Pada wanita, hormon estrogen dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Namun yang terjadi setelah menopause adalah penurunan kadar estrogen dalam tubuh yang turut mengakibatkan penurunan kepadatan tulang secara drastis. Ini mengakibatkan wanita lebih berisiko terkena osteoporosis dibandingkan pria, terutama jika memiliki kondisi berikut ini:

  1. Tidak mengalami siklus menstruasi dalam waktu lama (lebih dari enam bulan) akibat olahraga atau diet yang berlebihan.
  2. Mengalami menopause dini (sebelum usia 45).
  3. Menjalani histerektomi (operasi pengangkatan rahim) sebelum usia 45, terutama jika kedua ovarium juga diangkat.

Pengaruh hormon pada osteoporosis yang diidap pria tidak sesignifikan pada wanita. Meski demikian, diperkirakan tetap ada hubungan antara osteoporosis dengan hormon testosteron yang membantu menjaga tulang tetap kuat. Hal ini diindikasikan oleh risiko osteoporosis yang meningkat pada pria dengan kadar testosteron rendah walaupun pria terus memproduksi hormon testosteron hingga usia tua.

Dalam setengah kasus penderita pria, penyebab osteoporosis tidak diketahui dengan pasti sedangkan setengahnya bisa disebabkan oleh:

  1. Mengonsumsi minuman keras berlebihan.
  2. Konsumsi obat-obatan seperti glukokortikoid atau obat-obatan steroid selama lebih dari tiga bulan.
  3. Kondisi yang menyebabkan kadar testosteron lebih rendah dari kadar normal (hipogonadisme).
  • Penyakit Kelenjar

Proses regenerasi tulang dipengaruhi oleh banyak hormon, maka jika Anda mengidap gangguan pada kelenjar penghasil hormon, Anda dapat lebih berisiko mengalami osteoporosis. Berikut beberapa penyakit kelenjar yang dapat memicu osteoporosis:

  1. Gangguan kelenjar adrenal, seperti sindrom Cushing.
  2. Gangguan kelenjar pituitari.
  3. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme).
  4. Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif (hiperparatiroidisme).
  5. Berkurangnya kadar hormon seks (estrogen dan testosteron).

Teripang Emas Untuk Mengobati Osteoporosis

Obat Herbal dan Alami Untuk Membantu Dalam Mengatasi Sakit Maag Akut, Menurunkan Asam Lambung dan Gangguan Pada lambung, Menurunkan Kolesterol, Kanker, Ginjal, Mioma, Stroke, Asam Urat, Asma, Polip, Alergi, Jantung, Radang Sendi, Osteoporosis, Diabetes, dan Hipertensi

Promo Gamat Gold

Teripang Emas memiliki kandungan yang berperan menyembuhkan osteoporosis yaitu “Glucosamine dan Chondroitin“. Pasalnya kedua kandungan ini mampu mencegah inflamasi dan mengurangi rasa sakit, memelihara kesehatan sendi dan tulang, memperbaiki sendi yang rusak, menyokong kesehatan tulang rawan dan tendon, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memelihara pertumbuhan dan perkembangannya, membantu memelihara jaringan ligmen pada tulang, membantu mencegah & mengobati osteoporosis dan osteoarthritis.

Secara keseluruhan, manfaat teripang juga bisa dikatakan sebagai salah satu zat alami yang dapat membantu pengokohan tulang dan sendi. Ditemukannya senyawa Chondroitin sulfate di dalam teripang juga sangat bermanfaat untuk mereka yang mengalami pengeroposan sendi/osteoporosis akibat radang.

Senyawa tersebut juga dapat memperbaiki kembali serta membangun tulang rawan pembentuk sendi yang terkikis akibat benturan, kecelakaan, kelebihan berat badan yang berakibat pada kelainan struktur tulang dalam. Itulah yang akhirnya menjadi pertimbangan yang tepat oleh pemerintahan Australia dan Selandia Baru yang saat ini tengah mengembangkan obat-obatan anti radang sendi dan tulang bagi atlet-atlet dunia.

Promo GamatGold.Net

Jelly Gamat Bio Gold terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas ASLI, danBERKUALITAS sehingga kandungan di dalam Teripang tidak akan berkurang. Jelly Gamat Bio Gold sudah Terdaftar di Badan POM RI dan sudah bersertifikasi produk 100% HALAL. Untuk memudahkan pemesanan silahkan klik >>> DISINI

 

sumber
http://www.alodoktercom/osteoporosis/penyebab
http://www.penyakittipes.webid/obat-herbal-penyakit-osteoporosis/
https://halosehatcom/penyakit/osteoporosis/penyebab-osteoporosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *