Pola Makan Yang Baik Untuk Kesehatan

Pola Makan Yang Baik Untuk Kesehatan ,-  Kesehatan ialah sesuatu yang sangat berharga dan tidak bisa anda tukar dengan apapun, dengan kesehatan yang anda miliki, anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk melakukan apa saja yang anda sukai. Itu sebabnya, sebaiknya dari saat ini juga anda mulai menerapkan pola hidup sehat dan tentu saja pola makan sehat.

Pola Makan Yang Baik Untuk Kesehatan

Pola makan sehat memang tidak akan menjamin anda untuk tidak pernah sakit, namun pola makan sehat akan menurunkan kemungkinan anda untuk bisa terserang dari penyakit.

Pola Makan Yang Baik Untuk Kesehatan

Berikut beberapa tips mudah agar anda bisa memiliki pola makan sehat.

  • Ikan dan Daging

Screenshot_2

Konsumsi ikan laut segar atau daging segar membantu anda mendapatkan sumber protein yang penting bagi tubuh. Namun hindari terlalu banyak makan daging ya, makanlah secukupnya. Selain daging protein juga bisa diperoleh dari tumbuhan yakni protein nabati, seperti kedelai yang diolah menjadi tempe dan tahu.

  • Sayur dan Buah Segar

Screenshot_3

Pada kedua jenis makanan tersebut hampir tidak ditemukan kandungan yang berbahaya bagi tubuh anda. Hal ini akan lebih baik lagi jika anda memilih sayuran dan buah-buahan yang segar, sehingga nutrisi yang ada di dalamnya masih benar-benar terjaga.

  • Mengkonsumsi Karbohidrat Secukupnya

Screenshot_4

Mulai saat ini, lebih bijaklah dalam memakan sumber karbohidrat. Anda bisa menggantikan nasi dengan sumber karbohidrat lainnya yang lebih aman seperti dari jagung dan kentang. Sumber karbohidrat dari makanan tersebut lebih baik dikonsumsi untuk anda penderita diabetes.

  • Konsumsi Air Putih Secukupnya

Screenshot_5

Air putih sangat penting bagi tubuh kita, karena itu pola makan yang sehat memerlukan air putih yang cukup. Anda bisa merasakan jika terkena dehidrasi maka saat itulah tubuh anda kekurangan cairan. Selain itu mengkonsumsi air putih yang cukup bisa membantu memperlancar pencernaan dan menjaga kesegaran tubuh. Pola Makan Yang Baik Untuk Kesehatan

  • Mengatur Jam Makan

Screenshot_6

Makan pada waktu yang teratur juga menjadi bagian penting dalam pola makan sehat. Misalnya anda akan sarapan pada pukul 08.00 pagi, makan siang pada pukul 13.00 dan makan malam pada pukul 19.00. Tidak hanya baik untuk kesehatan anda, memiliki jadwal makan yang teratur juga secara tidak langsung akan membuat jadwal kegiatan yang lainnya menjadi lebih teratur karena mengikuti jam makan anda. Dengan begini hidup anda juga akan menjadi lebih baik.

  • Makanlah dengan Perlahan

Screenshot_7

Dr. Khatienne Williams mengatakan kunyahlah makanan sampai lembut dan lakukan secara perlahan. Hal ini ditujukan agar lambung tidak bekerja terlalu keras untuk memecah makanan dan membuat penyerapan nutrisi lebih maksimal. Di samping itu, fokuslah makan di meja makan. Jangan lakukan di depan TV atau sambil berbicara.

  • Segera Rancang Menu Harian

Screenshot_8

Menurut Dr. Khatienne Wiliams, ketiadaan daftar menu harian hanya akan membuat pola makan kurang terencana dengan baik. Anda merasa lebih bebas makan apapun tanpa mempedulikan bermanfaat bagi kesehatan atau tidak. Mulailah membuat daftar menu harian agar pola makan sehat lebih terkontrol.

Tips untuk memperbaiki pola makan

  • Kurangi minuman manis seperti minuman ringan dan minuman energi.
  • Wajibkan sarapan setiap hari sehingga Anda cenderung untuk tidak mengemil pada waktu istirahat.
  • Buatlah resep keluarga menjadi makanan yang rendah lemak dengan mengubah metode memasak, misalnya, memanggang, menumis, rebus atau menggunakan microwave, daripada menggoreng

Baca Juga : Pengertian Gejala dan Penyebab Hipertensi

Khasiat Teripang Emas Menurut Beberapa Pakar Kesehatan

Teripang Emas

Dr.Ir. Ahkam Subroto,M.App Sc dari LIPI => Di dalam teripang laut mengandung protein tinggi yakni mencapai 86,8% yang sangat baik untuk diberikan pada penderita diabetes melitus. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulinpun meningkat.

Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia => Bahwa kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang golden stichoupus variegatus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69 %.

Prof.Dr.Hassan Yaakob, Phd dari Universitas Malaysia => Bahwa teripang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, merontokkan racun pada hati, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan penyakit maag, serta dapat menyembuhkan asma kronis. Selain itu teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan dan penyembuh luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen teripang yang sangat tinggi.

Pola Makan Yang Baik Untuk Kesehatan

Bio Gold Obat Herbal dan Alami Untuk Membantu Dalam Mengatasi Sakit Maag Akut, Menurunkan Asam Lambung dan Gangguan Pada lambung, Menurunkan Kolesterol, Kanker, Ginjal, Mioma, Stroke, Asam Urat, Asma, Polip, Alergi, Jantung, Radang Sendi, Osteoporosis, Diabetes, dan Hipertensi

Promo Gamat Gold

Jelly Gamat Bio Gold terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas ASLI, danBERKUALITAS sehingga kandungan di dalam Teripang tidak akan berkurang. Jelly Gamat Bio Gold sudah Terdaftar di Badan POM RI dan sudah bersertifikasi produk 100% HALAL. Untuk memudahkan pemesanan silahkan klik >>> DISINI

 

sumber
http://www.cantiknsehatcom/pola-makan-sehat-untuk-menjaga-kesehatan-tubuh/
https://www.sahabatnestle.coid/content/view/pola-makan-untuk-gaya-hidup-sehathtml
https://hellosehatcom/hidup-sehat/nutrisi/diet-pola-makan-sehat-untuk-usia-remaja/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *