Tips Mencegah Asam Lambung Naik

Tips Mencegah Asam Lambung Naik ,-  Asam lambung adalah cairan yang diproduksi dalam organ pencernaan yang mengandung asam klorida. Asam klorida memiliki fungsi untuk mendukung sistem pencernaan, deteksi kuman atau bakteri dari makan dan minuman serta membantu tubuh dalam menyerap vitamin B12. Gejala gangguan asam lambung yang tinggi biasanya juga hampir sama dengan asam lambung yang terlalu rendah.

Asam lambung dapat naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala yang ditimbulkan GERD meliputi sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, dan mulut terasa asam/pahit karena asam naik ke kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman

Tips Mencegah Asam Lambung Naik

Tips Mencegah Asam Lambung Naik

Asam lambung adalah jenis asam yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan sistem metabolisme tubuh. Jika produksi asam terlalu rendah maka bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun jika produksi tinggi maka juga bisa membuat perut menjadi sakit. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan asam lambung :

  • Hindari Makanan Pemicu

GERD dapat dipicu oleh makanan yang mengandung banyak lemak. Makanan berlemak dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga lambung memproduksi asam lambung lebih banyak dan berisiko naik ke kerongkongan. Selain itu, hindari kopi, cokelat, alkohol, dan makanan pedas karena beresiko membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi rileks sehingga memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, usahakan makan dengan porsi kecil namun sering.

  • Tidur Yang Cukup

Refluks asam lambung dapat terpicu apabila tubuh Anda memproduksi hormon stres akibat kurang tidur. Jangan diabaikan, kondisi ini bisa menciptakan komplikasi, mulai dari tahap risiko mengalami penyakit kronis hingga akhirnya ke tahap dapat menurunkan tingkat harapan hidup. Segera perbaiki pola tidur Anda agar kebutuhan akan tidur dapat tercukupi.

  • Hindari Pakaian Ketat

Tips Mencegah Asam Lambung Naik Hindari mengenakan pakaian yang ketat di bagian perut. Tekanan pada pakaian ketat ini dapat memicu isi perut terpancing kembali ke esofagus dan menyebabkan muntah. Agar lebih aman, gunakan pakaian yang longgar, terutama di sekitar perut.

  • Hindari Gerakan Menekan Perut

Tentu saja Anda tetap harus berolahraga agar selalu sehat. Namun, hindari melakukan gerakan yang mungkin menjadikan perut tertekan, antara lain gerakan peregangan, naik tangga, dan membungkuk. Waktu olahraga pun harus diperhatikan, jangan melakukannya ketika baru selesai makan. Berikan jeda waktu sekitar 2-4 jam setelah selesai makan.

  • Tidur Dengan Posisi Lebih Tinggi

Yang harus dilakukan adalah meninggikan posisi tubuh atas lebih tinggi dari tubuh bagian bawah. Bagian tubuh atas yang butuh ditinggikan adalah pinggang ke atas. Hanya menambahkan bantal di kepala biasanya tidak efektif.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Tulang & Sendi

Mengobati Asam Lambung Dengan Bahan Alami

Screenshot_244

Jahe

Rempah ini dapat membantu proses pengosongan lambung sehingga gejala refluks asam lambung dapat dikurangi. Anda dapat menggunakan jahe bubuk atau jahe mentah sekitar 1-2 gram untuk dikonsumsi satu jam sebelum makan.

Minum Teh Hangat

Konsumsi jenis teh hitam, hijau maupun teh yang dicampur dengan daun melati. Teh mengandung senyawa khusus yang bisa membantu menenangkan asam lambung dan mengurangi produksi asam lambung dalam waktu yang sangat cepat.

Makan Buah Pisang

Buah pisang adalah buah yang mengandung banyak kalium. Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menyeimbangkan produksi asam lambung.

Permen Karet

Permen karet bebas gula membantu merangsang produksi air liur. Air liur bersifat basa sehingga membantu menetralkan asam lambung. Pilihlah permen karet bebas gula dan kunyah selama setengah jam setelah makan. Hindari permen karet rasa mint karena dapat memicu refluks asam lambung.

Makan Buah Apel

Apel bisa membantu enzim dalam tubuh untuk mengatur produksi asam lambung. Bagi orang yang mengalami masalah dengan asam lambung disarankan untuk makan buah apel sebanyak dua buah perhari. Tips Mencegah Asam Lambung Naik

Konsumsi Jelly Gamat

Teripang atau gamat sebagai bahan utama pembuatan Jelly Gamat Bio Gold mengandung CGF (CELL GROWTH FACTOR) yang tinggi juga kandungan kolagen yang terdapat pada teripang yang mana mampu secara cepat menetralisir keasaman lambung sekaligus membunuh virus Helicobacter Pylory yang menjadi salah satu penyebab penyakit asam lambung. Hasil penelitian yang dilakukan beberapa Universitas di Malaysia selama 8 tahun menunjukkan bahwa Jelly Gamat mampu mempercepat penyembuhan luka, baik luka luar maupun luka dalam, melancarkan peredaran darah, mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme. Selain mampu meregenerasi sel, teripang juga kaya akan nutrisi. Senyawa aktif terbanyak berupa antioksidan, baik untuk perbaikan sel tubuh manusia, termasuk berguna untuk pemulihan lambung yang terkena luka akibat peradangan.

Tips Mencegah Asam Lambung Naik

Promo Gamat Gold

Jelly Gamat Bio Gold dan Kapsul Gold Gamat terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas ASLI, dan BERKUALITAS sehingga kandungan di dalam Teripang tidak akan berkurang. Bio Gold dan Gold Gamat sudah Terdaftar di Badan POM RI dan sudah bersertifikasi produk 100% HALAL. Untuk memudahkan pemesanan silahkan klik >>> DISINI

 

 

Sumber :
https://halosehatcom/penyakit/asam-lambung/cara-mengobati-asam-lambung-naik
https://obatsakitasamlambungtinggi.wordpresscom/
http://www.alodoktercom/cara-mengobati-asam-lambung-di-rumah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *