Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar ,-  Operasi caesar menjadi langkah persalinan yang biasanya dilakukan dengan beberapa alasan medis yang sangat kuat. Meskipun ibu hamil bisa memilih proses kelahiran ini namun, biasanya memang memiliki resiko khusus. Operasi caesar dilakukan dengan metode pembedahan pada bagian dinding rahim untuk mengeluarkan bayi. Dengan proses ini maka bagian penting yang harus diperhatikan oleh semua ibu adalah pemulihan rahim setelah operasi. Selain itu, biasanya proses ini menimbulkan rasa sakit yang lebih besar dibandingkan melahirkan normal.

Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Setelah operasi caesar biasanya ibu yang baru melahirkan memang masih memiliki keterbatasan dalam melakukan berbagai kegiatan fisik. Langkah perawatan dimulai dengan membiasakan ibu merasa nyaman dengan luka bekas operasi. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan beberapa latihan fisik ringan seperti miring, duduk dan kemudian berdiri lalu berjalan. Prosesnya memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan persalinan normal. Namun untuk mempercepat proses pemulihan rahim, maka bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini.

Baca Juga : Gejala dan Pengobatan Penyakit Asma

Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar

  • Sabar untuk Bergerak

Semua ibu yang baru melahirkan tentu ingin cepat bisa bergerak dan menyusui bayi. Namun langkah ini tidak bisa dilakukan cepat oleh ibu yang melewati persalinan caesar. Gerakan untuk ibu yang telah melakukan operasi caesar masih sangat sedikit. Setelah mulai belajar untuk bergerak di sekitar tempat tidur maka akan berjalan pelan. Setelah itu, ibu akan belajar untuk mengangkat bayi. Gerakan pada bagian perut harus sangat kecil untuk mengurangi resiko pembekuan darah dan aliran darah yang naik ke paru-paru.

  • Tidak Mengangkat Bayi Sendiri

mengangkat bayi

Setelah operasi caesar maka bekas luka operasi memang tidak bisa sembuh dengan cepat. Untuk mempercepat pemulihan maka hindari gerakan membungkuk atau mengangkat. Jika ibu ingin mengangkat bayi maka sebaiknya mendapatkan bantuan dari orang lain. Ibu bisa menggendong bayi saat tetap duduk di kursi dengan nyaman. Berikan bantalan yang lembut di sekitar perut untuk mencegah tekanan perut dari berat bayi. Dengan cara ini maka ibu tetap bisa menyusui bayi.

  • Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

makanan serat

Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar, Sembelit biasanya banyak dihadapi oleh ibu yang baru saja melakukan operasi caesar. Organ perut dan pencernaan mengalami beberapa perubahan yang sangat besar setelah operasi. Untuk mengatasi hal ini maka ibu harus lebih sering mengkonsumsi makanan berserat

  • Mengelola Emosi dengan Baik

cara mengelola emosi dengan baik

Adalah hal yang wajar bila kamu mengalami perasaan yang tidak kamu duga sebelumnya. Perasaanmu tergantung kepada harapanmu sebelum melahirkan dan proses persalinan itu sendiri. Kamu mungkin senang dan bersyukur bila kamu dan bayimu baik-baik saja, serta persalinanmu sesuai dengan rencana. Kamu mungkin sempat merasa sebaliknya bahwa sebenarnya kamu ingin melahirkan normal, tetapi yang terjadi adalah harus menjalani caesar. Perasaan itu mungkin berkaitan dengan kecemasan terhadap komplikasi medis, rasa nyeri, stres, kelelahan karena operasi besar, dan status psikologis ibu. Maka dari itu kelolalah perasaan tersebut dengan baik.

  • Cukup Tidur

cukup tidur

Setelah melewati proses operasi maka biasanya seorang ibu akan tetap merasa lelah hingga pulang ke rumah. Tapi melihat bayi mungil yang baru lahir maka bisa menyita perhatian yang sangat besar. Namun terkadang ibu lupa untuk melihat kesehatan sendiri sehingga lebih sering terjaga. Kurang tidur akan menggangu proses penyembuhan rahim karena bagian luka pada rahim tidak mendapatkan rasa nyaman yang cukup. Untuk mengatasi hal ini maka ibu harus tetap mendapatkan istirahat yang cukup sehingga, belum bisa mengurus bayi secara penuh sendiri.

  • Konsumsi Teripang Emas / Gamat

Promo Gamat Gold

Para peneliti menemukan Zat Gamapeptide (tidak dimiliki species lain) pada teripang emas yang berperan sangat aktif dan efektif dalam hal : mencegah inflamasi atau peradangan, mengaktifkan pertumbuhan sel-sel, 3x lebih cepat menyembuhkan luka, mengurangi rasa sakit, memelihara sirkulasi darah, membuat kulit tampak lebih muda, dan menstabilkan emosi.

Selain itu ada juga kandungan Antiseptik Alamiah pada teripang emas juga sangat ampuh dan efektif dalam membunuh / membasmi bakteri penyebab Infeksi pada luka jahitan operasi yang menyebabkan luka mengeluarkan nanah dan susah sembuh.

Menurut dr, Zen djaja MD, dokter di malang, jawa timur. Exstrak teripang sangat tepat sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi karena kandungan senyawa aktif dan gizi yang terdapat pada ekstrak teripang gamat sangat lengkap. Selain itu kandungan teripang ini adalah karena terdapatnya kandungan asam eicosapentaenat (EPA) dan asam docosahexaenat (DHA) yang relatif tinggi masing-masing 25,69% dan 3,69%. Tingginya kadar EPA menandakan kecepatan teripang memperbaiki jaringan rusak. Kandungan kolagen dalam ekstrak teripang mempercepat penyembuhan luka dalam dan luar setelah pembedahan seperti luka jahitan.

Berdasarkan hasil penelitian di berbagai Universitas di seluruh dunia, ditemukan bahwa teripang emas memiliki kandungan “Cell Growth Factor” (faktor regenerasi sel) sehingga mampu merangsang regenerasi/pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak/sakit bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat/pulih kembali.

Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Promo GamatGold.Net

Gamat Gold terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas ASLI, dan BERKUALITAS sehingga kandungan di dalam Teripang tidak akan berkurang. Gamat Gold sudah Terdaftar  di Badan POM RI dan sudah bersertifikasi produk 100% HALAL. Untuk memudahkan pemesanan silahkan klik >>> DISINI

 

sumber
http://obatherballukaoperasicom/2017/05/10/cara-mempercepat-penyembuhan-luka-operasi-caesar/
http://www.alodoktercom/5-langkah-yang-perlu-kamu-lakukan-untuk-pulih-pasca-caesar
https://hamilcoid/persalinan/caesar/pemulihan-rahim-pasca-caesar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *