Bahaya Dan Gejala Kolesterol Tinggi

Bahaya Dan Gejala Kolesterol Tinggi ,- Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Bahaya Dan Gejala Kolesterol Tinggi

 

Bahaya Dan Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol tidak larut dalam darah sehingga perlu berikatan dengan pengangkutnya, yaitu lipoprotein. Oleh karena itu pula kolestrol dibedakan menjadi Low-Density Lipoprotein (LDL) dan High-Density Lipoprotein (HDL).

KOLESTROL JAHAT (Low Density Lipoprotein)

Kolestrol LDL adalah lemak yang jahat karena bisa menimbun pada dinding dalam dari pembuluh darah, terutama pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan ke jantung dan otak. Timbunan lemak itu semakin lama semakin tebal dan keras, yang dinamakan arteriosklerosis, dan akhirnya menyumbat aliran darah.
Kolestrol LDL yang optimal adalah bila kadarnya dalam darah di bawah 100 mg/dl. Kolestrol LDL 100-129 mg/dl dimasukkan kategori perbatasan (borderline). Jika di atas 130 dan disertai faktor risiko lain seperti merokok, gemuk, diabetes, tidak berolah raga, apalagi jika sudah mencapai 160 atau lebih, maka segera perlu diobati.

KOLESTROL BAIK (High Density Lipoprotein)

Kolestrol HDL disebut lemak yang baik karena bisa membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dari dinding pembuluh darah ke hati. Kolestrol HDL yang ideal harus lebih tinggi dari 40 mg/dl untuk laki-laki, atau di atas 50 mg/dl untuk perempuan.
Penyebab kolestrol HDL yang rendah adalah kurang gerak badan, terlalu gemuk, serta kebiasaan merokok. Selain itu hormon testosteron pada laki-laki, steroid anabolik, dan progesteron bisa menurunkan kolesterol HDL, sedangkan hormon estrogen perempuan menaikkan HDL. Bahaya Dan Gejala Kolesterol Tinggi

Trigliserida

Trigliserida adalah bentuk lemak lain yang bisa berasal dari makanan atau dibentuk sendiri oleh tubuh. Memiliki trigliserida yang tinggi sering diikuti juga oleh kolestrol total dan LDL yang tinggi, serta kolestrol HDL yang rendah.
Orang yang menderita sakit jantung, diabetes, atau obesitas, biasanya mempunyai kadar trigliserida yang tinggi. Trigliserida dalam darah yang normal harus di bawah 150 mg/dl.

Baca Juga : Ciri Atau Gejala Menderita Radang Sendi

Gejala Kolesterol

pusing

Kolesterol yang tinggi biasanya tidak bergejala hingga kolesterol tersebut membentuk plak dan menyumbat atau mengganggu pembuluh darah. Berikut beberapa gejala peningkatan kolesterol yang muncul:

  • Rasa pusing

Pusing yang muncul akibat kolesterol tinggi dikarenakan otak mengalami kekurangan oksigen sesaat akibat sumbatan kolesterol pada pemuluh darah. Hal ini dapat berlangsung sebentar atau lama bergantung pada banyak dan besarnya sumbatan yang terjadi. Pusing yang dirasakan yaitu seperti kehilangan keseimbangan. Hal ini juga dapat terjadi karena plak kolesterol menekan saraf keseimbangan.

  • Rasa pegal hingga nyeri pada tubuh

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan rasa pegal dan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Hal ini dikarenakan kolesterol mulai menyumbat pembuluh darah sehingga bagian tubuh yang seharusnya menerima suplai aliran darah menjadi kekurangan oksigen. Hal ini akan menimbulkan gejala pegal hingga nyeri, yang umumnya pertama terjadi di tangan atau kaki.

  • Pandangan menjadi gelap mendadak

Gejala ini terjadi karena plak kosterol menyumbat pembuluh darah yang menuju ke mata. Pembuluh-pembuluh darah kecil lebih mudah menimbulkan gejala saat tersumbat daripada pembuluh darah besar.

  • Muncul bercak kuning pada kelopak mata atas

Pada kolesterol yang tinggi karena faktor genetika, akan membentuk gejala yang khas yaitu timbunan kolesterol pada kelopak mata atas yang berwarna kuning.

Bahaya Dan Gejala Kolesterol Tinggi

Mengapa kolesterol Tinggi Berbahaya ? Karena kolesterol darah yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan Penyumbatan pada pembuluh darah jantung yang dapat menimbulkan Penyakit Jantung Koroner Serta Penyumbatan pada pembuluh darah otak yang dapat menimbulkan serangan stroke.

Manfaat Teripang Emas Untuk Mengobati Kolesterol

Obat Herbal dan Alami Untuk Membantu Dalam Mengatasi Sakit Maag Akut, Menurunkan Asam Lambung dan Gangguan Pada lambung, Menurunkan Kolesterol, Kanker, Ginjal, Mioma, Stroke, Asam Urat, Asma, Polip, Alergi, Jantung, Radang Sendi, Osteoporosis, Diabetes, dan Hipertensi

Promo Gamat Gold

Efektivitas teripang dalam menurunkan kolesterol telah dibuktikan oleh Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Mereka menyatakan bahwa kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah dan kolesterol tinggi penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang stichopus chloronotus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69 %.
Ekstrak teripang yang terdapat di dalam obat kolesterol Jelly Gamat Bio Gold ini berkhasiat untuk melenturkan dan mengecerkan pembuluh darah yang beku. Lebih sepesifiknya teripang bersifat sebagai Anti-lipidemic (membuang kolesterol), Anti-atherosclerotic (mencegah pengerasan arteri), Hypotensive (merendahkan tekanan darah), melenturkan pembuluh darah, dan melebarkan pembuluh darah, sehingga peredaran darah menjadi lancar kembali.

Promo GamatGold.Net

Jelly Gamat Bio Gold terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas ASLI, dan BERKUALITAS sehingga kandungan di dalam Teripang tidak akan berkurang. Jelly Gamat Bio Gold sudah Terdaftar di Badan POM RI dan sudah bersertifikasi produk 100% HALAL. Untuk memudahkan pemesanan silahkan klik >>> DISINI

 

sumber
http://www.blogherbalcom/bahaya-kolesterol-tinggi
https://artikesehatan.wordpresscom/kolestrol
http://familiniacom/gejala-kolesterol
http://www.obatpenyakitasmabronkial.rahasiaherbalcom/teripang-obat-penurun-kolesterol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *