Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat – Melakukan berbagai tips dan cara menurunkan darah tinggi, bisa dibilang sebagai hal yang susah-susah gampang. Tekanan darah tinggi, atau juga disebut hipertensi, adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri meningkat.

Hipertensi dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup, faktor keturunan (genetik), ataupun keduanya. Meskipun terlihat sepele, namun, hipertensi bisa berbahaya jika tidak ditangani karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Untuk mengetahui tekanan darah Anda, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah mengukur tekanan darah.

Jika hipertensi disebabkan oleh faktor keturunan (genetik), Anda harus mengonsumsi obat tertentu untuk menurunkan tekanan darah tersebut. Namun, jika hipertensi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, Anda harus mengubah gaya hidup Anda menjadi gaya hidup yang lebih sehat.

Baca Juga : Darah Tinggi Beginilah Ciri-Cirinya

Memahami Kategori Hipertensi

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Cepat – Untuk mengetahui seseorang terkena hipertensi, perhatikan hasil pengukuran tekanan darah. Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80. Angka pertama dari hasil pengukuran adalah tekanan darah sistolik, kemudian angka yang berikutnya adalah tekanan diastolik.

Ketika hasil pengukuran tekanan darah melebihi kisaran normal, maka dapat dibagi menjadi kategori sebagai berikut:

  • Tekanan darah yang berkisar antara 120-139 untuk angka sistolik atau 80-89 untuk tekanan diastolik.
  • Hipertensi tahap 1. Jika tekanan sistolik Anda 140-159 atau tekanan diastolik 90-99.
  • Hipertensi tahap 2. Pada saat tekanan sistolik 160 atau lebih tinggi atau tekanan diastolik 100 atau lebih tinggi.

Baca Juga : Teripang Obat Alternatif Asam Urat

Cara Menurunkan Darah Tinggi Yang Ampuh

1. Berolahraga

Cara menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah melakukan olahraga. Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit per hari dalam seminggu, dapat menjadi cara menurunkan darah tinggi secara perlahan namun pasti. Mengapa harus teratur dilakukan? Alasannya adalah karena jika kamu berhenti berolahraga, maka tekanan darahmu akan meningkat kembali.

Bentuk olahraga yang mungkin bisa kamu coba untuk menurunkan tekanan darah adalah jalan, joging, bersepeda, berenang, atau bahkan menari. Dengan menggabungkan latihan kardiovaskular (seperti berlari ataupun berenang) dalam rutinitas kamu, ternyata dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan efisiensi jantung. Kombinasi tersebut akan mengurangi tekanan darah kamu.

2. Jaga berat badan

Cara menurunkan darah tinggi adalah dengan menjaga berat badan agar ideal, artinya berat badan yang seharusnya kamu miliki menurut tinggi badan. Menjaga berat badan yang sehat untuk tipe tubuh kamu dapat membantu menjaga tekanan darah. Oleh karena itu, membuang berat badan berlebih sangat penting sebagai keberhasilan dari cara menurunkan darah tinggi

3. Kurangi konsumsi garam

Cara menurunkan darah tinggi paling mudah adalah mengurangi konsumsi garam. Salah satu penyebab tingginya tekanan darah adalah konsumsi garam yang berlebih. Oleh karena itu, untuk mengurangi tekanan darah, kamu harus mengurangi konsumsi garam hingga kurang dari sekitar satu sendok teh garam per hari dapat membuat perbedaan besar dalam tekanan darahmu.

Baca Juga : Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini

4. Makan makanan yang sehat

Cara menurunkan darah tinggi lainnya adalah cobalah untuk konsumsi makan makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak dan kolesterol.

5. Berhenti merokok

Cara menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah berhenti merokok bagi kamu yang perokok. Ternyata, setiap batang rokok yang kamu konsumsi dapat berkontribusi pada meningkatnya tekanan darah lho. Oleh karena itu, berhenti merokok akan membantu dalam menurunkan tekanan darah.

6. Beraktivitas di luar ruangan

Cara menurunkan darah tinggi lainnya adalah dengan beraktivitas di luar ruangan sehingga kulit kamu terkena sinar matahari. Berdasarkan sebuah studi di tahun 2014, ditemukan bahwa ketika kulit terkena sinar matahari, reaksi kimia tersebut akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

 

Sumber :

  1. https:// hellosehat com
  2. https://www alodokter com
  3. https://www liputan6 com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *