Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Alami

cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi – Jika kamu mengalami sakit kepala parah, kelelahan, detak jantung tak teratur, dan nyeri dada, kamu bisa jadi menderita hipertensi alias tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat terjadi karena stres, kurang tidur, obesitas, atau penyakit lainnya.

Meskipun terlihat sepele, hipertensi bisa berbahaya jika tidak ditangani karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi saat tekanan darah seseorang mencapai 140/90 mmHg. Normalnya, tekanan darah pada orang yang sehat berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg.

Nah, untuk menurunkan tekanan darah tinggi ini, biasanya penderita dianjurkan untuk mengonsumsi obat. Namun ternyata, ada penelitain terbaru yang mengatakan bahwa untuk menurunkan tekanan darah tinggi bisa tanpa obat.  Berikut cara terbaik dan mudah dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca : Penyebab Darah Tinggi yang Harus Dihindari

1. Tingkatkan aktivitas fisik

Saat aktivitas fisik semakin sering dilakukan seperti berolahraga, detak jantung juga bakal meningkat. Ini membuat jantung lebih kuat dan memompa darah dengan lebih sedikit usaha. Hasilnya, tekanan pada arteri berkurang dan menurunkan tekanan darah.

American College of Cardiology dan American Heart Association menyarankan untuk beraktivitas fisik yang intens tiga hingga empat kali seminggu masing-masing 40 menit. Tak perlu berlari maraton, tapi bisa dengan menaiki tangga, berjalan kaki, melakukan pekerjaan rumah, berkebun, dan bersepeda.

2. Mengurangi berat bedan

Jika kelebihan berat, ada baiknya mengurangi 5 kg berat badan agar tekanan darah ikut menurun. Kesimpulan dan beberapa penelitian pada 2016 menunjukkan mengurangi berat badan dapat mengurangi tekanan darah rata-rata 3,2-4,5 mmHg. Mengurangi berat badan juga menurunkan risiko penyakit obesitas lainnya.

3. Kurangi gula dan karbohidrat olahan

Banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa membatasi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Diet rendah karbohidrat dapat menurunkan tekanan darah sebesar 4,5-5,9 mmHg.

4. Sedikit sodium, perbanyak potasium

Mengurangi garam dan meningkatkan konsumsi potasium atau kalium dapat menurunkan tekanan darah. Potasium dapat mengurangi efek garam terhadap tubuh serta mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Potasium banyak terdapat di makanan olahan susu seperti yoghurt, ikan, buah seperti pisang dan jeruk, dan sayuran berupa kentang, tomat, dan bayam. Perlu diingat bahwa setiap orang punya respons terhadap garam yang berbeda.

Baca : Sembuhkan Infeksi Dermatitis Kontak Jelly Gamat

5. Kurangi makanan cepat saji

Makanan olahan dan makanan cepat saji banyak mengandung garam seperti sup kalengan, pizza, keripik, dan makanan ringan lainnya. Selain itu, makanan berlabel low fat biasanya mengandung kadar garam dan gula yang tinggi. Mengurangi konsumsi makanan cepat saji dapat mengurangi konsumsi gula dan garam serta karbohidrat olahan. Ini membuat tekanan darah ikut menurun.

6. Berhenti merokok

Merokok dapat memacu tekanan darah dan meningkatkan detak jantung. Dalam jangka panjang, zat kimia pada tembakau dapat meningkatkan tekanan darah dengan merusak dinding pembuluh darah dan mempersempit arteri.

7. Kurangi stres

Menghilangkan stres penting bagi kesehatan tekanan darah. Ini bisa dilakukan dengan mengetahui pemicu stres dan cara terbaik untuk menghilangkannya. Seperti menonton, mendengarkan musik, jalan-jalan, dan banyak lagi.

8. Konsumsi cokelat hitam

Konsumsi cokelat dengan kandungan kakao 60 hingga 70 persen. Studi dari Harvard Medical School, seperti dikutip Healthline, menemukan bahwa makan satu potong cokelat hitam membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan flavonoid pada cokelat hitam dapat memperlebar pembuluh darah yang otomatis menurunkan tekanan darah.

9. Makan buah bit

Buah bit adalah buah dengan banyak kanndungan nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah, ungkap Christine Rosenbloom, PhD, professor emerita di Georgia State University.

Makan buah bit atau minum jus bit sebelum olahraga dapat membantu menurunkan jumlah oksigen yang diperlukan otot untuk melakukan tugasnya. Ini artinya ketahanan tubuh Anda pun dapat meningkat.

Untuk mengonsumsi buah bit, coba bungkus bit di dalam aluminium foil dan panggang di oven dengan suhu 200°C selama 40 menit atau sampai lembut. Iris dan bumbui dengan minyak zaitun dan thyme segar. Apabila Anda ingin mencoba bentuk cairnya, minum sekitar 120ml jus bit sebelum berolahraga.

Baca : Jantung Sakit Inilah Faktornya

10. Minum yogurt

Tidak hanya untuk melancarkan pencernaan, yogurt juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi 180 ml yogurt per hari dapat membantu Anda menjaga tekanan darah tetap dalam kisaran sehat. Protein spesial dan bakteri baik probiotik dalam yogurt bertanggung jawab akan manfaat ini. Agar merasakan manfaat yogurt lebih optimal, Anda dapat memilih greek yogurt tanpa rasa dengan kandungan lemak tidak lebih 2 persen.

Yoghurt bisa disajikan dengan berbagai sajian, untuk nenyajikan greek yogurt tanpa rasa, taburkan dengan bluberi. Selain rasa manisnya memanjakan lidah, bluberi juga memiliki efek mengendalikan tekanan darah.

11. Masak pakai rempah-rempah

Jika Anda selama ini terbiasa untuk membumbui masakan dengan garam atau MSG, gantilah dengan penyedap alami. Cobalah rempah yang memiliki rasa kuat seperti bawang putih, lada, kayu manis, jinten, bubuk kari, jahe, paprika, dan lain sebagainya.

Anda bisa menambahkan smoothie Anda dengan kayu manis. Kayu manis dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda agar tetap stabil.

12. Ngemil dark chocolate

Pilih dark chocolate sebagai pilihan camilan Anda. Pilih yang setidaknya memiliki kandungan 60 persen cocoa dan batasi konsumsi sebanyak kira-kira 30 gram per hari. Dark chocolate mengandung antioksidan flavonoid yang dua kali lebih banyak daripada cokelat susu. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan memperlancar aliran darah dengan menurunkan tensi. Agar ngemil coklat lebih menyehatkan, coba aduk bubuk coklat tanpa pemanis ke dalam sarapan oatmeal Anda.

13. Makan ikan

Pilihlah ikan salmon, mackerel, herring, sarden, ataupun tuna. Ikan-ikan ini memiliki dua lemak omega-3. Omega-3 dapat mengurangi efek peradangan yang melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Sebagai cara menurunkan darah tinggi, ada baiknya Anda makan ikan-ikan tersebut setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Baca : Darah Tinggi Beginilah Ciri-Cirinya

14. Angkat beban

Terlalu banyak lemak di bagian perut dapat meningkatkan risiko Anda terkena darah tinggi. Sebagai pencegahan, latihan angkat beban akan lebih menguntungkan Anda dibandingkan dengan penggunaan treadmill. Anda dapat membakar lemak dua kali lipat lebih banyak dengan angkat beban daripada hanya melakukan kardio.

Latihan kekuatan membangun otot akan mendorong metabolisme, jadi lebih mudah untuk membakar lemak. Perlu diingat, jangan sampai tidak melakukan latihan kardio sama sekali karena latihan kardio masih merupakan cara terbaik untuk mengurangi kelebihan berat badan.

15. Ikut kelas yoga

Ya, yoga adalah cara menurunkan tekanan darah tinggi yang cukup efektif. Hanya dalam tiga bulan rutin melakukan yoga Anda dapat mencapai target tekanan darah yang lebih baik. Yoga juga dapat mengendalikan tingkat kolesterol Anda dan membantu menurunkan berat badan.

Coba mulailah dengan kelas yoga pemula apabila Anda khawatir tubuh Anda belum cukup lentur untuk melakukan beragam pose yoga yang lebih sulit.

 

Sumber :

  1. https://hot.liputan6 com
  2. https://www.cnnindonesia com
  3. https://hellosehat com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *