Cara Untuk Tinggi Secara Alami

cara untuk tinggi
Cara Untuk Tinggi –
Semua orang mendambakan tinggi badan ideal. Banyak alasan kenapa mereka menginginkan hal tersebut. Ada yang beralasan bahwa dengan badan yang terlihat pendek membuat kurang percaya diri. Sebagian pria yang menginginkan badan yang tinggi agar tidak kalah tinggi dengan teman wanitanya. Ada Alasan yang paling kuat, yaitu memiliki tinggi badan ideal memang merupakan syarat utama untuk bisa mendaftarkan diri agar bisa masuk ke sebuah institusi seperti kemiliteran, dokter, kepolisian,dan berbagai profesi lainnya.

Beberapa orang memang ada yang terlahir dengan badan yang tinggi. Juga ada beberapa orang yang lahir dengan badan yang pendek. Bagi Orang-orang yang merasa tubuhnya kurang tinggi lalu berusaha dengan banyak cara agar dapat menambah tinggi badan mereka. Misalnya: dengan mengkonsumsi suplemen penambah tinggi badan atau obat-obatan lain dengan label yang menyatakan dapat menambah tinggi badan. Sebaiknya Anda berhati-hati, pada suplemen yang terdapat label mendukung hormon pertumbuhan, ternyata bohong. Karena hormon pertumbuhan hanya bisa diperoleh dengan melalui suntikan. Bukan dalam bentuk pil, tablet, atau sirup. Sebab itulah, Anda perlu teliti dan berhati-hati.

Sebaiknya Anda mulai mencoba cara menambah tinggi badan secara alami yang cepat, ampuh, dan tanpa efek samping. Daripada Anda akan mengalami risiko dan efek samping dari suplemen yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Darah Tinggi Beginilah Ciri-Cirinya

Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Cara Untuk Tinggi – Percepatan pertumbuhan tinggi badan (growth spurt) dimulai dari sejak memasuki usia remaja. Pada pria, masa pertumbuhan ini dimulai sejak usia 11 tahun dengan puncak masa pertumbuhan di usia 13 tahun. Sedangkan pada wanita, masa pertumbuhan tersebut dimulai sejak usia 9 hingga 10 tahun dengan puncaknya di usia 11 hingga 12 tahun. Percepatan pertumbuhan ini akan berhenti pada akhir masa pubertas.

Ada beberapa cara yang mungkin dapat membantu menambah tinggi badan selama masa percepatan pertumbuhan, di antaranya:

  • Makan dengan gizi yang seimbang
    Selama masa pertumbuhan, sangat penting untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahan. Perhatikan juga kecukupan vitamin D yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatannya. Makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan tuna, susu, dan kuning telur.
  • Aktif dalam olahraga
    Banyak sekali manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh. Di antaranya adalah memperkuat otot dan tulang, membantu mempertahankan berat badan yang sehat, dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Beberapa jenis olahraga yang disarankan adalah bersepeda, berenang, sepak bola, badminton, dan basket.
  • Tidur yang cukup
    Kurang tidur selama masa remaja, dapat memicu masalah kesehatan, termasuk menghambat pertumbuhan tinggi badan. Berikut ini adalah jumlah waktu tidur bayi dan anak per hari yang disarankan sesuai usia: Bayi yang baru lahir hingga 3 bulan = 14-17 jam
    Bayi usia 3-11 bulan = 12-17 jam
    Balita usia 1-2 tahun = 11-14 jam
    Balita usia 3-5 tahun = 10-13 jam
    Anak usia 6-13 tahun = 9-11 jam
    Remaja usia 14-17 tahun = 8-10 jam

    Sedangkan untuk orang dewasa berusia 18-64 tahun, idealnya tidur 7-9 jam dalam sehari.

Baca Juga : Teripang Obat Alternatif Asam Urat

Selain itu ada 12 cara lain untuk menambah tinggi badan, yaitu :

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan sehat dan bergizi terutama yang tinggi akan kandungan vitamin D karena baik untuk kesehatan tulang. Karena, semakin dewasa umumnya tulang akan menjadi lebih rapuh sehingga membuat postur tubuh tampak lebih pendek dan bungkuk dari seharusnya. Beberapa makanan sumber vitamin D antara lain ikan salmon, ikan tuna dan keju.

2. Minum Susu

Bicara soal vitamin D, susu merupakan salah satu sumber vitamin D yang bagus untuk menambah tinggi badan dan memperkuat tulang. Vitamin D pada susu berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan dan mencegah osteoporosis.

3. Tidur yang Cukup

Kurang tidur selama masa pertumbuhan bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan. Untuk anak berusia 6-13 tahun, jam tidur yang ideal adalah 9-11 jam. Untuk remaja berusia 14-17 tahun yang sedang dalam masa pertumbuhan disarankan untuk tidur malam 8-10 jam. Sedangkan orang dewasa berusia 18-64 tahun idealnya tidur dalam 7-9 jam dalam sehari.

4. Perbaiki Postur

Seiring bertambah usia, postur tubuh kita akan semakin membungkuk dan membuat tubuh terlihat lebih pendek. Belum lagi karena kegiatan kita sehari-hari seperti duduk, berdiri dan berjalan dalam kondisi membungkuk.

Untuk itu, memperbaiki postur tubuh, terutama tulang belakang, merupakan salah satu cara yang bisa membuat tubuh terlihat lebih tinggi secara alami. Tidak hanya itu, memperbaiki postur tubuh juga akan mencegah sakit kepala dan sakit punggung.

5. Yoga

Yoga merupakan salah olahraga yang bisa kalian lakukan untuk menambah tinggi badan. Pasalnya, yoga bisa menguatkan otot, meluruskan dan membantu postur tubuh terlihat lebih tegak dan tinggi.

Kalian bisa melakukan yoga sendiri di rumah dengan melihat tutorial latihan di YouTube, atau jika masih pemula kalian bisa mengikuti kelas dan petunjuk instruktur.

6. Lakukan Peregangan

Beberapa gerakan peregangan bisa kalian lakukan untuk menambah tinggi badan secara alami. Salah satu gerakan yang bisa kalian lakukan adalah leg stretch. Caranya sambil duduk, luruskan kedua kaki kalian di depan. Kemudian coba jangkau dan sentuh ujung jari kaki dengan tangan. Tahan selama 10 detik dan ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

Baca Juga : Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini

7. Olahraga Renang

Renang merupakan salah satu cara untuk menambah tinggi badan dengan berolahraga. Karena, olahraga renang dapat melatih semua otot-otot tubuh sehingga mendorong bertambahnya tinggi badan.

8. Bersepeda

Bersepeda termasuk olahraga yang murah dan bisa dilakukan siapa saja. Olahraga ini juga bisa menambah tinggi badan secara alami. Caranya atur kursi sepeda agar lebih tinggi dan biarkan jari kaki yang bersentuhan dengan pedal. Cara ini akan menarik tulang untuk tetap tumbuh.

9. Lompat Tali

Olahraga lain yang bisa kalian lakukan untuk menambah tinggi badan adalah lompat tali. Karena gerakan lompat tali bisa menstimulasi otot kaki sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Olahraga ini cukup kalian lakukan 15 menit setiap hari.

10. Kuatkan Otot Tubuh

Otot tubuh yang kuat dapat membantu memelihara postur tubuh yang tegak dan terlihat lebih tinggi. Otot yang harus diperkuat khususnya otot di perut dan di sepanjang tulang belakang. Beberapa latihan yang bisa kalian coba untuk menguatkan otot tersebut adalah plank, push-up atau crunch.

11. Tidur dengan Posisi yang Benar

Tidur dengan posisi yang salah dapat membuat tulang melengkung dan postur tubuh yang membungkuk. Cara tidur yang benar dan bisa membantu menambah tinggi badan adalah dengan posisi telentang, tanpa memeluk guling dan tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

12. Hentikan Kebiasaan Tidak Sehat

Selain melakukan cara-cara di atas, ada juga hal-hal yang harus kalian hindari untuk menjamin bertambahnya tinggi badan. Beberapa kebiasaan tidak sehat yang bisa menghambat pertumbuhan antara lain sering makan junk food, merokok, serta mengonsumsi minuman kafein dan beralkohol.

 

Sumber :

  1. https://www fimela com
  2. https://www alodokter com
  3. https:// health.detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *