Ciri Ciri Penyakit Asam Lambung Naik

Ciri Ciri Penyakit Asam Lambung Naik  ,- Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan bisa menyebabkan perih dan mual. Hal ini terjadi karena lambung memproduksi asam. Bahkan, saat tidur pun lambung tetap saja memproduksi asam walaupun tidak ada makanan yang harus dihancurkan.

Ciri Ciri Penyakit Asam Lambung Naik

Dalam jangka panjang, Asam Lambung akan menyebabkan komplikasi di daerah kerongkongan, seperti radang, pendarahan, dan penyempitan. Beredarnya cairan lambung di daerah yang tidak seharusnya juga bisa menyebabkan kesulitan menelan, pencetus asma, batuk menahun, bahkan bisa menimbulkan kanker lambung dan kerongkongan. Jadi, jangan sepelekan penyakit yang diakibatkan asam lambung ini ! Ciri Ciri Penyakit Asam Lambung Naik

Ciri Ciri Penyakit Asam Lambung Naik

Ada beberapa ciri-ciri naiknya asam lambung :

  • Nyeri di Dada (Heartburn)

Ciri asam lambung naik yang pertama ditandai dengan nyeri di dada . Kondisi ini terjadi akibat asam lambung yang naik ke esofagus atau kerongkongan, sehingga menyebabkan heartburn atau rasa sakit di dada yang disertai rasa panas seperti terbakar. Umumnya orang sering terkecoh dengan gejala ini, dan menganggapnya sebagai serangan jantung. Wajar saja, karena heartburn dan nyeri dada akibat serangan jantung sepintas memiliki kemiripan. Lantas bagaimana membedakannya? Nah, untuk membedakannya perhatikan gejala-gejala khas heartburn berikut ini:

  1. Rasa nyeri biasanya tidak menyebar ke bahu, punggung atau lengan. Berbeda dengan serangan jantung yang seringkali rasa sakitnya dengan cepat menyebar ke bagian tersebut, khususnya sisi kiri tubuh.
  2. Nyerinya akan terasa lebih menyakitkan setelah makan atau ketika membungkuk.
  3. Umumnya tidak disertai dengan keringat dingin.
  • Mulut Terasa Pahit

Ketika asam lambung naik, maka zat asam dapat menyebar ke bagian belakang tenggorokan (faring), sehingga akan menimbulkan sensasi asam atau pahit di mulut seperti akan tersedak atau muntah (refluks). Biasanya gejala ini datang di malam hari ketika sedang beristirahat atau berbaring, akibat dari konsumsi makanan berlebih, konsumsi makanan pedas atau waktu makan yang tidak tepat.

  • Sakit Tenggorokan

Ciri-ciri asam lambung naik yang satu ini bisa dibilang mirip dengan gejala flu. Namun yang membedakannya dengan gejala flu, umumnya sakit tenggorokan ini tidak disertai dengan gejala lain seperti demam, bersin-bersin dan seringkali datang hanya setelah makan.

  • Mual

Ciri asam lambung naik berikut ini diakibatkan oleh rasa nyeri yang hebat di lambung dan ulu hati, sehingga penderita GERD seringkali merasa mual bahkan muntah-muntah. Tak jarang rasa mual ini datang tepat setelah makan.

  • Produksi Air Liur Berlebih (Hipersalivasi)

Seseorang yang mengalami acid reflux atau asam lambung naik biasanya akan mengalami peningkatan air liur yang berlebih. Kondisi ini merupakan respon alami tubuh untuk menetralisir asam lambung yang naik ke tenggorokan.

  • Batuk dan Sesak Nafas

Naiknya asam lambung secara terus-menerus dapat mempersempit saluran pernafasan dan menimbulkan peradangan. Kondisi ini lambat laun dapat menyebabkan penderitanya mengalami batuk-batuk dan kesulitan bernapas. Para ahli juga menduga, naiknya asam lambung dapat memicu saraf di dada untuk menyempitkan tabung pernafasan sebagai respon pencegahan masuknya asam lambung.

  • Kesulitan Menelan

Naiknya asam lambung secara terus menerus, seiring waktu akan melukai kerongkongan dan memicu timbulnya jaringan parut atau pembengkakan yang menyebabkan terjadinya penyempitan kerongkongan, sehingga membuat penderitanya mengalami kesulitan atau nyeri saat menelan makanan.

Bagi anda yang sudah merasakan gejala atau ciri ciri penyakit asam lambung diatas, sebaiknya lakukan pengobatan dari sejak dini agar terhindar dari penyakit yang lebih parah lagi karena penyakit asam lambung dapat berakibat fatal seperti kanker lambung dan kanker kerongkongan. Untuk pengobatan asam lambung secara alami, kami rekomendasikan obat herbal yang terbuat dari 100% ekstrak teripang emas yang sudah terbukti dan teruji khasiatnya. Untuk informasi selengkapnya silahkan klik >>> GAMAT GOLD OBAT ASAM LAMBUNG

Baca Juga : Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Rekomendasi Obat Herbal Untuk Asam Lambung

Gamat Gold terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas yang sudah teruji, halal, dan berBPOM, untuk pemesanan Klik Disini

Kapsul Gamat Gold

sumber :

  1. http://www.ahlinyaasamlambung.webid/ciri-ciri-penderita-penyakit-asam-lambung
  2. https://mediskuscom/penyakit/ciri-ciri-asam-lambung-naik-gejala-gerd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *