Gejala Penyakit Asam Lambung GERD

Gejala Penyakit Asam Lambung GERD  ,- Asam lambung yang tinggi merupakan suatu jenis penyakit yang umum dan cukup sering terjadi pada banyak orang. Penyakit yang dalam istilah medisnya dikenal dengan istilah GERD atau Gastro Esophagel Reflux Disease ini merupakan kondisi dimana kadar kandungan asam yang berada di dalam lambung mengalami peningkatan dan jauh dari kadar kandungan asam lambung yang normal.

Gejala Penyakit Asam Lambung GERD

Apabila berada pada kondisi normal, kadar kandungan asam lambung seseorang harusnya berada pada level keasaman 1.5 hingga 3.5 ph. Biasanya kondisi asam lambung yang naik akan menimbulkan ketidak nyamanan bagi penderitanya. Namun demikian, bukan berarti asam lambung yang rendah pun baik. Asam lambung yang rendah akan membuat produksi protein untuk pencernaan menjadi terhambat, sehingga sulit untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung.

Fungsi Asam Lambung

Asam lambung sendiri pada dasarnya memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita, terutama dalam proses pencernaan. Asam lambung berfungsi untuk beberapa hal di bawah ini :

  1. Mematikan bakteri penyakit yang masuk ke dalam lambung
  2. Menstabilkan kandungan gula
  3. Membantu pembentukan protein enzim pencernaan pada lambung

Gejala Penyakit Asam Lambung GERD

Ketika asam lambung naik, jaringan dinding kerongkongan dan mulut akan teriritasi oleh asam lambung. Berikut ini adalah gejala-gejala yang paling umum dialami oleh penderita penyakit asam lambung :

  • Refluks asam lambung atau regurgitasi

Asam di dalam perut akan kembali ke kerongkongan dan juga mulut sehingga muncul rasa asam dan pahit.

  • Perut terasa nyeri dan perih

Gejala Penyakit Asam Lambung GERD berikutnya memiliki gejala yang mirip dengan sakit maag yaitu sama – sama memberikan rasa perih dan nyeri pada bagian lambung. Namun bedanya adalah, rasa nyeri yang disebabkan oleh naiknya asam lambung biasanya akan muncul ketika anda mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung pada tubuh anda, seperti makan makanan yang asam dan nangka muda.

  • Laringitis

laringitis

Laringitis merupakan suatu bentuk peradangan yang muncul pada bagian laring atau pita suara. Laringitis dapat terjadi karena naiknya zat asam ke daerah kerongkongan dan tenggorokan sehingga dapat meninfeksi bagian pita suara seseorang, walaupun tidak sampai merusak pita suara. Berikut ini adalah efek dari laringitis :

  1. Rasa nyeri dan sakit pada bagian kerongkongan hingga tenggorokan
  2. Suara berubah menjadi serak dan parau
  3. Sulit menelan makanan atau merasakan sakit ketika akan menelan makanan

Baca Juga : Ciri Ciri Penyakit Asam Lambung Naik

  • Sulit Menelan Makanan

Terkadang gejala lain yang muncul karena naiknya asam lambung seseorang adalah sulit menelan makanan. Hal ini terjadi karena terkadang asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan menyebabkan saluran tersebut agak tersumbat dan membuat penderitanya merasa bahwa bagian tenggorokannya mengalami benjolan – benjolan yang menghalangi prosesetertelannya makanan menuju ke lambung.

  • Muntah

Salah satu Gejala Penyakit Asam Lambung GERD adalah muntah – muntah. Berbeda dengan muntah biasa karena efek makanan atau efek dari penyakit lain, biasanya sebelum muntah akan diawali oleh gejala reflux atau naiknya asam lambung ke kerongkongan hingga mulut dan diikuti dengan lambung yang terasa mual dan kembung setelah mengkonsomsi makanan yang memiliki kadar asam yang tinggi.

Selain gejala di atas, ada juga beberapa gejala lain yang mungkin dialami, di antaranya:

  • Merasa seakan-akan ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan saat menelan.
  • Batuk kering tanpa henti, terutama di malam hari.
  • Sakit dada.
  • Mengi.
  • Gigi menjadi rusak.
  • Kembung dan bersendawa.
  • Bau napas tidak sedap.
  • Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.

Obat Alami yang Aman untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Teripang atau gamat sebagai bahan utama pembuatan obat asam lambung tinggi, memiliki zat anti kanker alamiah dan kandungan CGF (CELL GROWTH FACTOR) yang tinggi sekali. Gamat Gold memiliki kandungan kolagen yang terdapat pada teripang yang mana mampu secara cepat menetralisir keasaman lambung sekaligus membunuh virus Helicobacter Pylory yang menjadi salah satu penyebab penyakit asam lambung. Hasil penelitian yang dilakukan beberapa Universitas di Malaysia selama 8 tahun menunjukkan bahwa Gamat Gold dapat mempercepat penyembuhan luka, baik luka luar maupun luka dalam, melancarkan peredaran darah, mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme. Selain mampu meregenerasi sel, teripang juga kaya akan nutrisi. “Senyawa aktif terbanyak berupa antioksidan, baik untuk perbaikan sel tubuh manusia, termasuk berguna untuk pemulihan lambung yang terkena luka akibat peradangan.

Gamat Gold 1

Untuk Mendapatkan Gamat Gold yang ASLI, BERKUALITAS, Terdaftar di BPOM RI serta Memiliki SERTIFIKASI PRODUK 100% HALAL silahkan >>> Klik DISINI

 

 

 

sumber :

  • http://www.alodoktercom/penyakit-asam-lambung/gejala
  • http://halosehatcom/penyakit/asam-lambung/gejala-asam-lambung
  • https://obatsakitasamlambungtinggi.wordpresscom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *