Hilangkan Sariawan Sebelum Parah Jelly Gamat

Hilangkan Sariawan Sebelum Parah Jelly Gamat- Sariawan yang dalam istilah medis disebut stomatitis aftosa (apthous stomatitis) atau canker sore adalah luka di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Luka tersebut bisa berbentuk oval atau bulat, dan berwarna putih atau kuning dengan tepiannya yang berwarna merah akibat peradangan.

Lokasi sariawan dapat terjadi di bagian dalam pipi atau bibir, serta di permukaan gusi dan lidah. Sariawan yang tumbuh dapat berjumlah satu atau lebih.

Sariawan umumnya bukan termasuk penyakit yang dapat menular. Namun pada beberapa kasus, luka sariawan bisa disebabkan oleh infeksi virus. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak, seperti pada kasus penyakit tangan, kaki, dan mulut. Penyakit sariawan kebanyakan dialami oleh remaja usia 10 hingga 19 tahun akibat kurang menjaga kebersihan mulut atau adanya kerusakan pada selaput lendir di rongga mulut. Gejala sariawan yang muncul biasanya tidak parah dan dapat pulih tanpa pengobatan medis dalam waktu satu hingga dua minggu.

 

Hilangkan Sariawan Sebelum Parah Jelly Gamat

 

Gejala

Hilangkan Sariawan Sebelum Parah Jelly Gamat- Penyakit sariwan dapat ditandai dengan luka atau beberapa luka yang muncul di dalam mulut atau tepatnya pada gusi, lidah, pipi, bibir, dan langit-langit mulut. Luka tersebut berwarna putih, kuning, atau abu-abu dan dapat membengkak. Kondisi ini menyebabkan mulut menjadi sakit dan tidak nyaman, terutama pada saat penderitanya makan, minum, atau menggosok gigi.

Berdasarkan ukurannya, luka sariawan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu minor, mayor, dan herpatiformis. Luka sariawan minor memiliki diameter sekitar 1 cm dan merupakan jenis yang paling banyak diderita orang-orang. Sementara itu, luka sariawan mayor memiliki diameter 2-3 cm dan dapat tumbuh di langit-lagit mulut atau lidah. Luka ini lebih dalam dengan tepi yang tidak beraturan. Berbeda dari kedua jenis luka sariawan sebelumnya, herpatiformis merupakan jenis luka sariawan yang jarang sekali terjadi. Ukuran luka ini hanya berdiameter 1-2 milimeter dan cederung tumbuh secara berkelompok (terdiri dari 10 hingga 100 luka).

Diagnosis sariawan dapat ditetapkan berdasarkan pemeriksaan fisik pasien, terutama pemeriksaan ukuran luka sariawan, dan peninjauan riwayat kesehatan pasien.

 

Hilangkan Sariawan Sebelum Parah Jelly Gamat

 

Penyebab

Hilangkan Sariawan Sebelum Parah Jelly Gamat- Penyakit sariawan kebanyakan dialami oleh remaja yang berusia 10 hingga 19 tahun akibat kurang menjaga kebersihan mulut atau adanya kerusakan pada selaput lendir di rongga mulut. Selain itu ada beberapa penyebab sariawan lain yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

  •  Cedera atau kerusakan pada lapisan dalam mulut yang biasanya terjadi karena bibir tergigit secara tidak sengaja, gigi yang terlalu tajam, memakai kawat gigi, atau mengunyah makanan yang keras.
  •  Kondisi medis yang meliputi kekurangan zat besi atau vitamin B12, sistem imunitas yang lemah (misalnya akibat HIV dan penyakit lupus), dan infeksi virus seperti pilek, penyakit tangan, kaki, dan mulut.
  •  Penyebab sariawan juga dikarenakan dari efek samping mengonsumsi obat atau metode pengobatan, misalnya nicorandil, penghambat beta, obat antiinflamasi nonsteroid (AINS), kemoterapi, dan radioterapi.
  • Mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti makanan pedas dan kopi
  •  Adanya perubahan hormon yang biasanya dialami wanita yang bisa mengalami sariawan selama masa menstruasi. Bahkan sariawan bisa muncul saat seseorang merasa gelisah atau stres.

 

 

Baca juga “Campak Bisa Sangat Berbahaya Jelly Gamat

 

 

Hilangkan Sariawan Sebelum Parah Jelly Gamat

 

Tentang ampuhnya teripang untuk terapi pengobatan, maka para ilmuwan melakukan penelitian terhadap binatang laut yang hidup atau berhabitat di dasar laut ini. Setelah di lakukan penelitian ternyata kandungan gizi yang terdapat di dalam teripang sangat lengkap, dan salah satu zat gizi yang jarang di temukan pada hewan manapun adalah zat yang mampu meregenerasi sel dengan cepat.

 

Hasil penelitian yang dilakukan di beberapa Universitas di Malaysia menunjukkan bahwa teripang dapat melancarkan peredaran darah. Teripang juga memiliki kandungan Protein 86,8%, Kolagen 80,0%, Mineral, Mukopolisakarida, Glucasaminoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah, Glucosamine dan Chondroitin, Saponin, Omega-3, 6, dan 9, Asam Amino, Lektin, Vitamin dan Mineral, Gamapeptide (tidak dimiliki species teripang lainnya).

pesan sekarang

 

Sumber:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *