Ketahui Penyakit Sindrom Terowongan Kapal Jelly Gamat

Ketahui Penyakit Sindrom Terowongan Kapal Jelly Gamat- Carpal tunnel syndrome adalah kondisi umum yang menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan di tangan dan lengan. Kondisi ini terjadi ketika salah satu saraf utama ke tangan – saraf median – diperas atau dikompresi saat melewati pergelangan tangan.

Ketahui Penyakit Sindrom Terowongan Kapal Jelly Gamat

Pada kebanyakan pasien, sindrom carpal tunnel semakin memburuk dari waktu ke waktu, sehingga diagnosis dan pengobatan dini menjadi penting. Sejak dini, gejala-gejala seringkali dapat dikurangi dengan langkah-langkah sederhana seperti memakai belat pergelangan tangan atau menghindari kegiatan tertentu.

Terowongan karpal adalah lorong sempit di sisi telapak tangan Anda yang terdiri dari tulang dan ligamen. Saraf medianus, yang mengontrol sensasi dan gerakan di jempol dan tiga jari pertama, berjalan melalui lorong ini bersama dengan tendon ke jari dan jempol. Ketika dicubit atau dikompresi, hasilnya adalah mati rasa, kesemutan, kelemahan, atau rasa sakit di tangan, yang disebut sindrom terowongan karpal.

 

 

Gejala

Ketahui Penyakit Sindrom Terowongan Kapal Jelly Gamat- Gejala sindrom carpal tunnel biasanya mulai secara bertahap. pertama sering termasuk mati rasa atau kesemutan di jari jempol, telunjuk, dan tengah yang datang dan pergi.

Sindrom terowongan karpal juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan di pergelangan tangan dan telapak tangan Anda. Gejala umum carpal tunnel syndrome meliputi:

  • Kesemutan atau mati rasa. Anda mungkin mengalami kesemutan dan mati rasa di jari-jari atau tangan Anda. Biasanya jempol dan telunjuk, jari tengah atau jari manis terpengaruh, tetapi bukan jari kelingking Anda. Terkadang ada sensasi seperti sengatan listrik di jari-jari ini.
  • Sensasinya dapat berpindah dari pergelangan tangan ke lengan Anda. Gejala-gejala ini sering terjadi saat memegang setir, telepon atau koran. Sensasinya dapat membangunkan Anda dari tidur. Banyak orang “melepaskan” tangan mereka untuk mencoba meringankan gejala mereka. Perasaan mati rasa bisa menjadi konstan seiring waktu.

Kelemahan. Anda mungkin mengalami kelemahan di tangan Anda dan kecenderungan menjatuhkan benda. Ini mungkin karena mati rasa di tangan Anda atau kelemahan otot mencubit ibu jari, yang juga dikendalikan oleh saraf median.

 

Penyebab

Ketahui Penyakit Sindrom Terowongan Kapal Jelly Gamat- Rasa sakit di terowongan karpal Anda adalah karena tekanan berlebih di pergelangan tangan dan di saraf median. Peradangan dapat menyebabkan pembengkakan. Penyebab paling umum dari peradangan ini adalah kondisi medis yang mendasari yang menyebabkan pembengkakan di pergelangan tangan, dan kadang-kadang aliran darah terhambat. Beberapa kondisi yang paling sering dikaitkan dengan sindrom terowongan karpal adalah:

  • diabetes
  • disfungsi tiroid
  • retensi cairan dari kehamilan atau menopause
  • tekanan darah tinggi
  • gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis
  • fraktur atau trauma pada pergelangan tangan

 Sindrom terowongan karpal dapat menjadi lebih buruk jika pergelangan tangan terlalu terulur berulang kali. Gerakan berulang dari pergelangan tangan Anda berkontribusi pada pembengkakan dan kompresi saraf median. Ini mungkin hasil dari:

  • posisi pergelangan tangan Anda saat menggunakan keyboard atau mouse Anda
  • kontak yang terlalu lama dengan getaran dari menggunakan alat-alat tangan atau alat-alat listrik
  • gerakan berulang yang mengulurkan pergelangan tangan Anda, seperti bermain piano atau mengetik

 

Baca Juga:

 

Komplikasi

Ketahui Penyakit Sindrom Terowongan Kapal Jelly Gamat- Meskipun komplikasi mungkin dengan operasi apa pun, dokter Anda akan mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan risiko. Komplikasi paling umum dari operasi pelepasan carpal tunnel meliputi:

  • Berdarah
  • Infeksi
  • Gangguan atau cedera saraf

 

 

Ketahui Penyakit Sindrom Terowongan Kapal Jelly Gamat-

Ketahui Penyakit Sindrom Terowongan Kapal Jelly Gamat – Jika tekanan pada saraf median terus berlanjut, bagaimanapun, itu dapat menyebabkan kerusakan saraf dan gejala yang memburuk. Untuk mencegah kerusakan permanen, operasi untuk mengambil tekanan dari saraf median mungkin direkomendasikan untuk beberapa pasien.

 

Hasil penelitian yang dilakukan di beberapa Universitas di Malaysia menunjukkan bahwa teripang dapat melancarkan peredaran darah. Teripang juga memiliki kandungan Protein 86,8%, Kolagen 80,0%, Mineral, Mukopolisakarida, Glucasaminoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah, Glucosamine dan Chondroitin, Saponin, Omega-3, 6, dan 9, Asam Amino, Lektin, Vitamin dan Mineral, Gamapeptide (tidak dimiliki species teripang lainnya).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *