Leishmaniasis Penyebab dan Gejalanya Jelly Gamat

Leishmaniasis Penyebab dan Gejalanya Jelly Gamat- Leishmaniasis adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh parasit Leishmania. Parasit ini biasanya hidup di lalat pasir yang terinfeksi. Anda dapat mengontrak leishmaniasis dari gigitan lalat pasir yang terinfeksi.

Leishmaniasis Penyebab dan Gejalanya Jelly Gamat

Lalat pasir yang membawa parasit biasanya berada di lingkungan tropis dan subtropis. Epidemi fatal telah terjadi di wilayah Asia, Afrika Timur, dan Amerika Selatan.

Daerah yang terkena sering terpencil dan tidak stabil, dengan sumber daya terbatas untuk mengobati penyakit ini. Doctors Without Borders menyebut leishmaniasis sebagai salah satu penyakit tropis terabaikan yang paling berbahaya. Organisasi ini juga menyatakan penyakit ini adalah yang kedua setelah malaria penyebab kematian parasit.

 

 

 

Penyebab

Leishmaniasis Penyebab dan Gejalanya Jelly Gamat- Agen penular Leishmaniasis adalah Parasit Protozoa. Parasit ini dapat menjadi salah satu dari 20 spesies genus Leishmania.

Vektor: Parasit infeksi ini ditransfer ke manusia melalui gigitan Phlebotomine Sandflies yang terinfeksi.
Mekanisme infeksi bersama dengan siklus hidup parasit adalah sebagai berikut:

  • Sandflies yang terinfeksi, ketika mengambil makanan darah dari tuan rumah (Manusia), transfer parasit dalam bentuk Metacyclic Promastigote nya.
  • Metacyclic Promastigote di situs tusukan adalah phagocytosed oleh Macrophages.
  • Di dalam Macrophages mereka diubah menjadi bentuk Amastigote.
  • Bentuk amastigote dari parasit itu menginfeksi manusia dan berkembang biak di jaringan yang terkena. Jenis jaringan di mana mereka membagi tergantung pada tingkat tertentu pada spesies parasit.
  • Penyakit memanifestasikan dirinya dalam bentuk gejala khusus sesuai dengan jenis jaringan yang terlibat. Oleh karena itu infeksi pada jaringan spesifik menyebabkan jenis penyakit tertentu.
  • Ketika seorang Sandfly menggigit inang yang terinfeksi untuk makan darah, ia mengambil parasit dalam bentuk Amastigote yang ada dalam darah.
  • Bentuk Amastigote mencapai perut Sandfly dan berdiferensiasi menjadi bentuk Promastigote.
  • Promastigote membentuk lebih lanjut membagi dan perubahan bentuk Metacyclic Promastigote. Pada tahap ini parasit bergerak ke atas dan mencapai mulut memanjang (belalai) dari Sandfly. Parasit pada tahap ini siap untuk menginfeksi host berikutnya karena Sandfly menggigit orang lain untuk makan darah.

 

 

Leishmaniasis Penyebab dan Gejalanya Jelly Gamat

 

Gejala

Leishmaniasis Penyebab dan Gejalanya Jelly Gamat- Visceral leishmaniasis (VL) mungkin ringan atau berat. Beberapa pasien tidak menunjukkan gejala dan tidak menyadari bahwa mereka membawa parasit.

Gejala muncul dalam beberapa minggu hingga berbulan-bulan setelah gigitan lalat pasir. Kurang umum, gejala timbul hanya beberapa tahun kemudian ketika sistem kekebalan seseorang menjadi tertekan. Lima temuan klasik penyakit yang lebih parah adalah:

  • berat badan, yang mungkin berat,
  • jumlah darah rendah (pansitopenia),
  • pembesaran hati dan limpa (hepatosplenomegali),
  • demam, yang biasanya terputus-putus,
  • kadar globulin imun yang tinggi dalam darah (hypergammaglobulinemia).

Kulit mungkin menjadi gelap, menyebabkan VL disebut “kala-zar,” yang berarti “penyakit hitam.” Beberapa orang yang sembuh akan mengalami ruam atau pigmen yang terus-menerus berubah di kulit. Ginjal juga terpengaruh, yang dapat menyebabkan gagal ginjal. Organ-organ lain, termasuk usus dan paru-paru, mungkin terpengaruh.

 

Komplikasi

Komplikasi leishmaniasis kulit dapat meliputi:

  • berdarah
  • infeksi lain karena sistem kekebalan yang lemah, yang dapat mengancam jiwa
  • pengrusakan

Leishmaniasis visceral sering fatal karena efeknya pada kedua organ internal dan sistem kekebalan Anda. Jika Anda memiliki HIV atau AIDS, Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Memiliki HIV atau AIDS juga dapat mempersulit jalannya leishmaniasis, serta pengobatannya.

 

 

 

Baca juga “Hindari Penyakit Kuning dengan Jelly Gamat

 

 

 

 

Leishmaniasis Penyebab dan Gejalanya Jelly Gamat

 

Obat herbal alami ini terbuat dari hewan laut yang bernama gamat atau teripang, ada juga yang menyebutnya sebagai timun laut, orang barat mengenalnya sebagai sea cucumber. Hewan laut ini di proses oleh teknologi modern dan hanya di ambil sarinya saja atau ekstraknya, setelah melalui proses ini rasa dan bau amis dari teripang sudah di hilangkan sehingga layak untuk di konsumsi.

 

 

Teripang atau gamat ini banyak jenisnya, menurut ensiklopedia jenis teripang ini ada lebih dari 2000 jenis atau spesies, ada yang beracun dan ada juga yang mempunyai kandungan gizi sangat lengkap. Spesies teripang yang di gunakan untuk Gamat Gold adalah Teripang Emas.
Jenis teripang inilah yang zaman dahulu di gunakan oleh para raja dan bangsawan cina sebagai makanan sepesial dan di kenal sebagai ginseng laut, sepesies ini juga yang di gunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, seperti untuk penyembuhan luka sunat atau khitan juga sebagai penambah stamina atau tenaga bagi ibu sehabis melahirkan.

 

pesan sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *