Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke ,- Stroke adalah salah satu penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Stroke banyak diderita oleh kaum lanjut usia. Awal terjadinya stroke ditandai dengan terputusnya aliran darah dari jantung ke otak. Akibatnya maka otak akan mengalami kematian sesaat karena semua sel-sel dalam otak berhenti berfungsi. Selain itu otak juga akan mengalami kekurangan oksigen dan kadar gula sehingga bisa menyebabkan kematian. Karena hal inilah maka banyak orang yang terkena serangan stroke bisa kehilangan daya ingat dan berbagai kemampuan fisik lain.

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke

Makanan sehat untuk penderita stroke pada umumnya adalah jenis makanan yang mengandung serat dan dapat menyerap kolesterol jahat dalam darah.

  • Kurma

kurma

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke yang pertama adalah Kurma. Ternyata kandungan gizi yang terdapat dalam kurma sangat tinggi, diantaranya 100 gram kurma mengandung vitamin A 50 IU, tanin 0,09 mg, serta kalium 666mg. sementara itu, tiamin sangat penting untuk sel-sel saraf, dan niasin menjaga fungsi normal saraf.

  • Buah Bit

buah bit

Buah bit adalah sejenis tumbuhan biji-bijian yang kaya akan gizi. Terasa jarang mendengar nama buah ini.  meminum jus buah ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengatasi stroke karena mengandung nitrat.

  • Anggur

anggur

Anggur memiliki kandungan gizi yang kaya, selain daging nya mengandung kalium bijinya mengandung endungeoned pycnogenol, zat penguat kologen yang bisa melenturkan pembuluh darah (anti aging) yang berarti secara tidak langsung mencegah terjadinya stroke. Bahkan kulit anggur juga sangat kaya akan flavonoid yaitu zat yang mampu menghalau radikal bebas, karena kulit anggur mengandung zat oksidan lebih tinggi dibanding dengan vitamin C.

  • Pepaya

biji pepaya

Buah pepaya tidak mengandung kolesterol sehingga sangat baik untuk penderita stroke. Selain itu pepaya memiliki kalori yang cukup rendah yaitu sekitar 38 kalori per 100 gram. Senyawa asam folat dan piridoksin sangat bermanfaat untuk penderita stroke. Kandungan kalium dalam pepaya juga membantu tubuh untuk mengatur detak jantung sehingga sangat baik untuk penderita stroke.

  • Pisang

pisang

Dalam buah pisang banyak ditemukan kalium yang berperan penting untuk menjaga denyut jantung. Selain itu dalam pisang juga banyak mengandung potasium sebagai pengganti cairan tubuh. Potasium dan kalium dalam buah pisang membantu mengatur tekanan darah sehingga sangat bermanfaat untuk penderita stroke.

Baca Juga : Penyebab Asam Lambung Naik dan Tinggi

  • Apel

apel

Apel tidak memiliki kandungan kalori yang berlebihan sehingga sangat aman untuk dikonsumsi penderita stroke. Apel juga tidak mengandung lemak dan kolesterol. Kandungan flavonoid dan polifenol dalam apel juga sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung pada penderita stroke. Beberapa zat penting dalam apel seperti kalium, kalsium dan fosfor bisa membantu pengaturan tekanan darah dan denyut jantung.

  • Oatmeal

oat

Oatmeal bisa menjadi pengganti nasi putih karena memiliki kandungan karbohidrat komplek dan serat yang mudah dicerna. Serat dalam oatmeal akan membantu proses penyerapan kolesterol dalam darah dan pengaturan kadar gula dalam darah.

  • Roti Gandum

roti gandum

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke selanjutnya adalah Roti Gandum. Selain rasanya yang lezat roti gandum juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang sangat penting bagi penderita stroke.

  • Beras Merah

beras merah

Beras merah menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik untuk penderita stroke. Kandungan selenium yang sangat tinggi pada beras merah bisa mencegah serangan stroke ulang. Selain itu beras merah juga mengandung mangan, serat, dan anti oksidan. Mangan berfungsi untuk membantu proses sintesis lemak dalam tubuh dan mengaktifkan sistem syaraf.

Makanan Pantangan Untuk Penderita Stroke

  • Makanan yang mengandung banyak kolesterol

Makanan yang mengandung banyak kolesterol seperti cumi,udang,kepiting,otak sapi,daging kambing,daging berlemak,organ dalam hewan,bebek,belut,kuning telur,susu sapi,kulit ayam,makanan kemasan olahan daging ayam.

  • Makanan yang mengandung Trigliserin

Trgliserida merupakan lemak jahat dari tumbuhan,minyak goreng,santan kelapa,margarin.

  • Makanan yang mengandung atau berkadar garam tinggi

Batasilah konsumsi garam dengan mengurangi camilan,gorengan,dan makanan yang diolah dengan menggunakan seperti makanan kalengan dan yang diawetkan.

  • Makanan yang mengandung gula alkoholik

Makanan yang mengandung gula alkoholik seperti alkohol,tape dan durian.

Pengobatan Stroke Secara Alami

Obat Herbal dan Alami Untuk Membantu Dalam Mengatasi Sakit Maag Akut, Menurunkan Asam Lambung dan Gangguan Pada lambung, Menurunkan Kolesterol, Kanker, Ginjal, Mioma, Stroke, Asam Urat, Asma, Polip, Alergi, Jantung, Radang Sendi, Osteoporosis, Diabetes, dan Hipertensi

Promo Gamat Gold

Jelly Gamat Gold ekstrak teripang merupakan rekomendasi terbaik untuk menyembuhkan penyakit stroke sampai tuntas.  Bahan alami pembuatan Jelly Gamat Gold adalah teripang, species hewan laut yang memiliki bentuk seperti timun, makanya teripang sering disebut juga sebagai mentimun laut atau timun laut. Teripang memiliki 1250 lebih species dan tersebar hampir diseluruh perairan di dunia. Namun hanya ada satu species teripang yang memiliki keunggulan dibandingkan species lainnya yaitu teripang emas (Golden Stichopus Variegatus). Species ini merupakan species teripang terbaik yang merupakan bahan utama dalam pembuatan Jelly Gamat Gold.

Teripang emas “Golden Stichopus Variegatus” selain memiliki keunggulan dibandingkan dengan teripang species lainnya, juga memiliki kandungan aktif terbanyak dibandingkan dengan teripang species lainnya.

Untuk Mendapatkan Gamat Gold yang ASLI, BERKUALITAS, Terdaftar di BPOM RI serta Memiliki SERTIFIKASI PRODUK 100% HALAL silahkan klik DISINI

sumber :

  1. http://halosehatcom/makanan/makanan-sehat/15-makanan-sehat-untuk-penderita-stroke
  2. https://pantanganmakananpenyakitstroke.wordpresscom
  3. http://pantanganmakanan-makanansehat.blogspot.coid/2013/12/buah-buahan-yang-aman-dikonsumsi-olehhtml

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *