Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung ,- Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus atau kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

asam lambung

 

Penyebab Asam Lambung

Penyebab Asam Lambung antara lain :

  1. Makan tidak teratur
  2. Kurang berolahraga
  3. Stress dan depresi
  4. Konsumsi kafein dan alcohol berlebihan
  5. Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, terlalu asam
  6. Minum soda yang terlalu banyak

Beberapa penyebab naiknya kadar asam lamburng selain karena faktor olahraga dan gaya hidup, ternyata jenis makanan juga sangat mempengaruhi kadar asam lambung. Mengkonsumsi bahan makanan yang tidak tepat, akan mempengaruhi naiknya kadar asam lambung di dalam tubuh anda. Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

  • Makanan yang di Anjurkan untuk Penderita Asam Lambung

a. Kunyit

Kunyit dapat membantu menjaga kenaikan asam pada lambung, karena kunyit juga sudah sangat terkenal sebagai obat maag yang manjur. Kunyit juga memiliki antioksidan yang tinggi, anti bakteri dan antikanker.

b. Kentang

Ketang memiliki kandungan kalium, dengan kandungan sebanyak 200 mg setiap 100 gram kentang, bermanfaat untuk mengatasi masalah asam lambung. Selain itu pada kentang terdapat kandungan karabohidrat yang tinggi.

c. Brokoli

Brokoli memiliki banyak kandungan kalium, kalsium, dan serat yang sangat berguna bagi pemenuhan kebutuhan nutrisi mamusia berdasarkan AKG sehari-hari. Selain itu, brokoli memiliki kandungan sulfur. Sulfur dapat berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung lapisan dalam dari kulit lambung.

d. Seledri

Seledri hampir tidak terdapat kandungan kalori karena kandungan airnya tinggi, dan ini adalah pilihan yang baik bagi orang-orang yang mengalami masalah asam lambung. Seledri juga sumber yang sangat baik dari serat.

e. Madu

Madu memiliki banyak sekali manfaat kesehatan dan khasiat pengobatan, kegunaan madu untuk penderita asam lambung, yaitu kandungan yang ada di dalam madu bermanfaat untuk menjaga zat asam lambung agar tetap stabil (tidak diproduksi secara berlebihan oleh tubuh), manfaat madu juga untuk memberantas kuman Helicobacter pylori yang ada di dalam lambung.

f. Alpukat

Pada 100 gr alpukat terkandung 485 mg kalium, yang kandungan kalium tersebut bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

g. Melon

Melon menjadi sumber kandungan vitamin A, vitamin C, thiamin, magnesium, folat dan juga kalium, dimana pada buah melon terdapat kandungan-kndungan yang sangat dianjurkan untuk penderita asam lambung.
Di dalam 100 gr melon terdapat 280 mg kandungan kalium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan organ lambung.

h. Semangka

Semangka memiliki kadar air yang sangat tinggi. Selain dapat menyegarkan tubuh, semangka juga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung. Buah semangka dapat membantu terciptanya amonia, yang dapat mempertahankan tingkat keasaman di dalam lambung.

i. Apel

Apel memiliki kadar nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, dengan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Selain itu, apel juga memiliki kemampuan atau khasiat untuk mengurangi tingkat keasaman pada lambung.

j. Permen Karet

Journal of Dental Research memaparkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan memiliki manfaat untuk mengurangi keluhan asam lambung.
Berdasarkan penjelasan dari Rebecca Moazzez DPhil dari King’s College London, yang merupakan pimpinan penelitian itu menjelaskan bahwa mengunyah peremen karet berfungsi untuk melaju proses pelepasan air liur, sehingga asam yang terakumulasi di perut nantinya tercuci bersih.

k. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan olahan dari gandum yang sehat, memiliki banyak serat sehingga mudah dicerna tubuh. Oatmeal juga memiliki tingkat keasaman yang rendah, sehingga aman sebagai makanan untuk asam lambung.

  • Makanan Pantangan untuk Penderita Asam Lambung

a. Makanan yang banyak mengandung gas

Beberapa diantaranya seperti sayur kol dan sawi, hal itu karena bisa memicu kondisi asam lambung menjadi naik, dimana hal ini sering menyebabkan penyakit lambung menjadi mudah kambuh.

b. Makanan yang memiliki rasa pedas

Seperti cabai, saos, sambal, merica. Dimana mengkonsumsi secara berlebihan makanan pedas mengakibatkan terjadinya masalah iritasi pada lambung.

c. Buah-buahan asam

Seperti nanas, belimbing wuluh, lemon, kedondong, mangga muda dan beberapa lainnya, yang perlu untuk Anda hindari karena kadar asam yang ada pada buah tersebut bisa sangat memicu dan meningkatkan suasana asam di dalam lambung.

d. Makanan yang mengandung asam

Diantaranya cuka, acar dan asinan. Jika sampai mengonsumsi makanan yang mengandung asam maka dapat secara cepat dan langsung mengakibatkan peningkatan asam di dalam lambung.

e. Makanan berminyak dan berlemak

Diantaranya seperti gorengan dan jeroan hewan serta makanan yang mengandung lemak trans, karena mengakibatkan terjadinya iritasi pada lambung.

f. Makanan yang mengandung alkohol

Seperti tape singkong, manisan buah, tape ketan dan manisan sayur, karena kandungan alkohol mengakibatkan meningkatnya asam lambung, bahaya lainnya yaitu dapat mengiritasi lambung. Demikian juga, hindari minuman beralkohol karena sangat tidak sehat. Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Manfaat Jelly Gamat Bio Gold untuk mengatasi Asam Lambung

  • Jelly Gamat Bio Gold

Jelly bio-goldTeripang emas memiliki kandungan Kolagen yang mampu menetralisir keasaman lambung sekaligus membunuh virus Helicobacter Pylory yang menjadi salah satu penyebab penyakit asam lambung. Hasil penelitian yang dilakukan beberapa Universitas di Malaysia selama 8 tahun menunjukkan bahwa ekstrak teripang dapat mempercepat penyembuhan luka, melancarkan peredaran darah, mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme. Selain mampu meregenerasi sel, teripang juga kaya akan nutrisi.  “Senyawa aktif terbanyak berupa antioksidan, baik untuk perbaikan sel tubuh manusia, termasuk berguna untuk pemulihan lambung yang terkena luka akibat peradangan.”

Jelly Gamat Bio Gold merupakan species Gamat terpilih, ekstrak Gamat yang digunakan lebih banyak, lebih banyak Kolagen dan Protein lengkap, tidak berbau amis, lebih stabil pada suhu dingin dan panas, tekstur lebih kental, Insya Allah cepat memberi reaksi untuk meningkatkan kesehatan, pencegahan, pengobatan dan rehabilitasi pasca penyakit.

Untuk mendapatkan produk yang Asli, Berkualitas, Halal, dan Sudah Terdaftar di Badan POM RI >>> Klik Disini

Baca Juga :

Sumber :

  1. http://halosehatcom/makanan/makanan-sehat/15-makanan-untuk-penderita-asamlambung
  2. http://tips47.blogspotcom/2015/12/makanan-anjuran-dan-pantangan-untukhtml
  3. http://www.alodoktercom/penyakit-asamlambung
  4. http://www.ahlinyaasamlambung.webid/teripangemas-obat-penurun-asam-lambung/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *