Parahnya Bahaya Sembelit Jelly Gamat

Parahnya Bahaya Sembelit Jelly Gamat- Konstipasi kronis adalah gerakan usus yang jarang atau sulitnya tinja yang menetap selama beberapa minggu atau lebih lama.Konstipasi umumnya digambarkan memiliki kurang dari tiga gerakan usus dalam seminggu.

Meskipun sembelit sesekali sangat umum, beberapa orang mengalami konstipasi kronis yang dapat mengganggu kemampuan mereka untuk melakukan tugas sehari-hari mereka. Konstipasi kronis juga dapat menyebabkan tekanan yang berlebihan untuk buang air besar dan tanda serta gejala lainnya.

Perawatan untuk sembelit kronis sebagian bergantung pada penyebab yang mendasari. Namun, dalam beberapa kasus, penyebabnya tidak pernah ditemukan.

Parahnya Bahaya Sembelit Jelly Gamat

Penyebab

Parahnya Bahaya Sembelit Jelly Gamat- Konstipasi terjadi ketika usus besar menyerap terlalu banyak air. Ini dapat terjadi jika otot-otot di usus besar berkontraksi perlahan atau buruk, menyebabkan tinja bergerak terlalu lambat dan kehilangan lebih banyak air.

Ini adalah penyebab konstipasi yang paling umum:

  • Kekurangan serat dalam makanan : Orang-orang yang dietnya termasuk jumlah serat yang baik secara signifikan lebih kecil kemungkinannya menderita konstipasi. Penting untuk mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Serat mempromosikan gerakan usus dan mencegah konstipasi. Makanan yang rendah serat termasuk makanan berlemak tinggi, seperti keju, daging, dan telur.
  • Ketidakaktifan fisik: Sembelit dapat terjadi jika seseorang menjadi terlalu aktif secara fisik. Ini terutama terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.Bagi individu yang telah terbaring di tempat tidur untuk waktu yang lama, mungkin selama beberapa hari atau minggu, risiko mereka mengalami konstipasi meningkat secara signifikan. Para ahli tidak yakin mengapa. Beberapa percaya bahwa aktivitas fisik membuat metabolisme tinggi, membuat proses di dalam tubuh terjadi lebih cepat.
  • Obat-obatan: Obat-obatan yang paling umum menyebabkan konstipasi adalah:obat nyeri narkotik (opioid) termasuk kodein (Tylenol), oxycodone (Percocet), dan hydromorphone (Dilaudid)antidepresan termasuk amitriptyline (Elavil) dan imipramine (Tofranil) antikonvulsan termasuk fenitoin (Dilantin) dan suplemen besi karbamazepin (Tegretol) obat pemblokir saluran kalsium termasuk diltiazem (Cardizem) dan nifedipine (Procardia) antasida yang mengandung aluminium termasuk Amphojel dan Basaljeldiuretik termasuk chlorothiazide (Diuril)
  • Susu: Beberapa orang menjadi sembelit ketika mereka mengonsumsi susu dan produk susu.

 

 

Gejala

Parahnya Bahaya Sembelit Jelly Gamat- Tanda dan gejala sembelit kronis termasuk:

  • Melewati kurang dari tiga bangku seminggu
  • Memiliki tinja keras atau kental
  • Susah untuk buang air besar
  • Merasa seolah-olah ada sumbatan di rektum Anda yang mencegah buang air besar
  • Merasa seolah-olah Anda tidak dapat sepenuhnya mengosongkan tinja dari rektum Anda
  • Membutuhkan bantuan untuk mengosongkan rektum Anda, seperti menggunakan tangan untuk menekan
  • perut Anda dan menggunakan jari untuk mengangkat tinja dari rektum Anda.
  • Sembelit dapat dianggap kronis jika Anda mengalami dua atau lebih gejala-gejala ini selama tiga bulan terakhir.

Komplikasi

Sembelit sendiri bisa tidak nyaman tetapi tidak mengancam jiwa. Namun, konstipasi yang parah dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius, termasuk:

  • perdarahan rektal setelah terus berusaha untuk buang air besar
  • fisura anus, atau robekan kecil di sekitar anus
  • wasir, atau bengkak, pembuluh darah vena yang meradang di rektum
  • impaksi feses, di mana kotoran kering berkumpul di anus dan rektum, yang menyebabkan obstruksi di jalan setapak akan dibutuhkan untuk meninggalkan tubuh
  • Berurusan dengan sembelit sebelum menjadi salah satu kondisi ini dapat mencegah ketidaknyamanan lebih lanjut.

 

Baca juga “Pahami Penyakit Parkison Jelly Gamat

 

 

Parahnya Bahaya Sembelit Jelly Gamat

 

Obat herbal alami ini terbuat dari hewan laut yang bernama gamat atau teripang, ada juga yang menyebutnya sebagai timun laut, orang barat mengenalnya sebagai sea cucumber. Hewan laut ini di proses oleh teknologi modern dan hanya di ambil sarinya saja atau ekstraknya, setelah melalui proses ini rasa dan bau amis dari teripang sudah di hilangkan sehingga layak untuk di konsumsi.

 

 

Untuk membuktikan kandungan cell growth factor pada teripang, para peneliti melakukan uji coba dengan cara memotong teripang menjadi beberapa bagian, dan setelah di potong teripang kembali di masukan ke dalam air laut, maka keajaibanpun terjadi, potongan potongan teripang tersebut menjadi individu utuh dan sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *