Pengertian Gejala dan Penyebab Hipertensi

Pengertian Gejala dan Penyebab Hipertensi ,- Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang memiliki gejala yang jelas.

Pengertian Gejala dan Penyebab Hipertensi

Pengertian Hipertensi

Pengertian Gejala dan Penyebab Hipertensi

Hipertensi dapat didefinisikan sebagai tekanan darah tinggi persisten dimana tekanan sistoliknya diatas 140 mmHg dan tekanan diastolik diatas 90 mmHg. Tekanan darah berasal dari mekanisme pompa jantung yang mendorong sejumlah volume darah dengan tekanan yang tinggi agar darah sampai ke seluruh organ tubuh melalui pembuluh darah.

Menurut Smeltzer (2002), hipertensi adalah peningkatan tekanan siastole yang tingginya tergantung dari umur individu yang terkena. Tekanan darah berfluktuasi dalam batas-batas tertentu, tergantung dari posisi tubuh, umur, dan tingkat stres yang dialami.

Hipertensi dengan peningkatan tekanan sistole tanpa disertai peningkatan tekanan diastole lebih sering pada lansia, sedangkan hipertensi peningkatan tekanan diastole tanpa disertai peningkatan tekanan siastole lebih sering terdapat pada dewasa muda.

Gejala Hipertensi

gejala hipertensi

Menurut situs Boldsky ada beberapa gejala penyakit hipertensi yang timbul, sehingga seseorang bisa mengenali penyakit hipertensi sebelum penyakit ini menjadi lebih parah. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

Pengertian Gejala dan Penyebab Hipertensi

  • Kepala Terasa Sakit

Gejala yang lebih serius dari penyakit hipertensi yang ringan adalah sakit kepala dengan tempo yang sering dan terus-menerus, bisa saja ini merupakan gejala dari tekanan darah yang melonjal naik. Karena sakit kepala ini biasanya tidak dirasakan pada hipertensi yang ringan. Anda dapat terserang sakit kepala jika tekanan darah berada diatas 180/110 mmHg.

  • Mual dan Muntah

Meskipun gejala mual dan muntah merupakan gejala umum yang terjadi pada kebanyakan penyakit namun pada penyakit hipertensi gejala mual dan muntah ini agak sedikit berbeda karena pada hipertensi atau tekanan darah tinggi mual dan muntah ini disertai dengan pandangan menjadi kabur dan juga napas dengan tempo yang pendek-pendek.

  • Titik darah pada bagian mata

Ketika Anda melihat terdapat titik darah pada bagian bola mata, Anda perlu waspada karena bisa saja titik darah tersebut merupkaan pembekuan darah yang terjadi dikarenakan hipertensi.

  • Merasa Pusing

Vertigo dan perasaan ringan pada kepala yang disertai perasaan pusing juga kemungkinan merupakan gejala hipertensi. Jika muncul secara tiba-tiba tanda-tanda seperti ini jangan pernah diabaikan karena jika perasaan pusing dan juga vertigo ditambah lagi dengan sulitnya berjalan dan pingsan bisa merupakan tahap awal gejala stroke.

  • Mati Rasa

Meningkatnya tekanan darah akbiat hipertensi menyebabkan mati rasa atau rasa kesemutan yang bisa saja menjadi tanda awal penyakit stroke. Jika hipertensi tak bisa terkontrol maka akan berakibat pada rusaknya saraf sehingga gejala seperti ini muncul.

Baca Juga : Manfaat Teripang Emas Untuk Maag

Penyebab Hipertensi

penyebab hipertensi

Ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi, yaitu:

Pengertian Gejala dan Penyebab Hipertensi

  • Usia

Risiko hipertensi meningkat seiring bertambahnya usia.

  • Faktor keturunan

Orang dengan anggota keluarga yang mengidap hipertensi memiliki risiko tinggi untuk mengalami kondisi yang sama.

  • Kelebihan berat badan atau obesitas

Kadar oksigen dan nutrisi yang dialirkan darah akan diukur oleh tubuh sesuai dengan berat badan. Berat badan yang berlebihan akan membutuhkan oksigen dan nutrisi yang lebih banyak, sehingga volume darah dibutuhkan lebih banyak. Volume darah yang meningkat akan meningkatkan tekanan darah.

  • Merokok

Rokok dapat meningkatkan tekanan darah sekaligus menyempitkan dinding arteri.

  • Kurang olahraga

Orang yang jarang berolahraga cenderung memiliki detak jantung yang lebih cepat, sehingga jantung akan bekerja lebih keras. Kerja jantung lebih keras akan meningkatkan tekanan darah.

  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol

Kandungan alkohol dalam minuman dapat memicu kerusakan pada organ jantung.

  • Kadar garam yang tinggi dalam makanan

Kadar garam yang tinggi bisa menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh, yang kemudian akan meningkatkan tekanan darah.

  • Stres

Tingkat stres yang tinggi berpotensi memicu peningkatan tekanan darah.

Pengobatan Hipertensi Secara Alami

Obat Herbal dan Alami Untuk Membantu Dalam Mengatasi Sakit Maag Akut, Menurunkan Asam Lambung dan Gangguan Pada lambung, Menurunkan Kolesterol, Kanker, Ginjal, Mioma, Stroke, Asam Urat, Asma, Polip, Alergi, Jantung, Radang Sendi, Osteoporosis, Diabetes, dan Hipertensi

Promo Gamat Gold

Jelly Gamat Gold mempunyai kandungan mucopolusacharida (MPS) yang populer sebagai glycosaminoglycans (GAGs) mampu mengencerkan darah beku penyebab darah tinggi sehingga mengurangi tekanan darah. ‘MPS bersama GAGs memberikan efek pelendiran dinding sel,’ kata Walter K M Yee, ahli gizi dari  Luxor Network, Malaysia. Artinya teripang sebagai antithrombogenik untuk mencegah penggumpalan melalui pengenceran darah.

Menurut penelitian para ilmuan di seluruh dunia, mengungkapkan bahwa banyak sekali manfaat teripang emas dalam menyembuhkan berbagai penyakit degeneratif seperti : Stroke, Jantung Koroner, Kencing Manis & Luka Gangren, Kanker (Tumor), Gagal Ginjal, Chirosis Hepatis, Asam Urat, Rhematik, Wasir, Esteoporosis (Pengeroposan Tulang), Alergi Saluran Pernafasan (Bersin, Filek, Sinusitis, Asma), Alergi Kulit (Aksim, Gatal, Darah Tinggi, Darah Rendah, Kolesterol, Penyempitan Pembuluh Darah, Penurunan Fungsi Liver, maag, Rambut Rontok, Pembesaran Prostat,Penyakit Varises. dan masih banyak lagi manfaat dari teripang ini.

Promo GamatGold.Net

Untuk Mendapatkan Gamat Gold yang ASLI, BERKUALITAS, Terdaftar di BPOM RI serta Memiliki SERTIFIKASI PRODUK 100% HALAL silahkan klik DISINI

 

sumber :

  • http://hariansehatcom/gejala-sakit-hipertensi
  • http://www.alodoktercom/hipertensi/penyebab
  • http://chyruncom/pengertian-penyebab-dan-gejala-hipertensi-darah-tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *