Penyebab Asam Lambung Naik dan Tinggi

Penyebab Asam Lambung Naik dan Tinggi  ,- Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Penyebab Asam Lambung Naik dan Tinggi

 

Penyebab Asam Lambung Naik dan Tinggi

Penyakit asam lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Jika LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung.

Gejala GERD yang dirasakan adalah sensasi terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati. Akibatnya, kita akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan. Mulut serta kerongkongan juga akan terasa tidak enak. Kita juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan menelan makanan. Perawatan serius akan diperlukan jika gejala GERD muncul secara terus-menerus. Penyebab Asam Lambung Naik dan Tinggi

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan asam lambung atau LES (Penutup Lambung) tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. Berikut faktor penyebab asam lambung :

  • Hormon

Salah satu faktor penyebab asam lambung naik yaitu hormon, perubahan hormon pada tubuh bisa menjadi faktor penyebab asam lambung naik. Hormon bisa menyebabkan asam lambung naik karena di sebabkan oleh perubahan hormon akan membuat otot penutup lambung akan lemah sehingga bisa mengakibatkan naik nya asam lambung. Maka dari itu banyak wanita yang sering mengalami asam lambung,karena wanita yang paling sering mengalami perubahan hormon, terlebih pada wanita hamil.

  • Efek Samping Obat

Faktor penyebab asam lambung naik yang akan menyebabkan mual dan muntah bahkan rasa panas pada bagian tenggorokan pun juga bisa karena efek samping. penggunaan efek samping obat berbahan kimia akan menyebabkan bagian otot lambung pun bermasalah dan biasa nya jenis obat untuk penyakit hipertensi yang akan menyebabkan otot pada lambung melemah.

  • Hernia

Faktor penyebab asam lambung pun juga bisa dari memiliki penyakit hernia, karena otot pada bagian lambung bisa lemah akibat ada nya penyakit hernia di dalam tubuh. sehingga penyakit hernia akan memicu naik nya asam lambung juga.

  • Makanan

Pada bagian otot lambung juga bisa lemah dikarenakan oleh makanan, faktor penyebab asam lambung yang paling sering pun juga banyak karena kandungan makanan yang sering di konsumsi. Selain itu juga faktor penyebab asam lambung bisa karena tidak mengontrol makanan dengan baik, dan menyebabkan obesitas atau berat badan berlebih juga pada penderita penyakit asam lambung.

  • Rokok

Faktor penyebab asam lambung juga bisa karena rokok, penggunaan rokok yang terlalu sering maka akan mengakibatkan bagian otot lambung juga akan lemah, maka dari itu penderita penyakit asam lambung juga banyak dari kalangan perokok aktif. Karena rokok terkandung oleh zat yang akan menyebabkan bagian lambung melemah. Penyebab Asam Lambung Naik dan Tinggi

  • Kafein

Konsumsi kafein yang berlebihan. Kafein yang berasal dari kopi bisa meningkatkan asam lambung karena memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

  • Alkohol

Alkohol memiliki efek yang sangat buruk untuk lambung karena bisa menghentikan sistem kerja sel dalam lambung yang menghasilkan asam lambung.

  • Stres

Stres menjadi salah satu penyebab naiknya produksi asam lambung yang sering menjadi penyakit maag atau gangguan lambung.

Tips Mencegah dan Mengatasi Gangguan Asam Lambung

Asam lambung yang terlalu tinggi atau terlalu rendah memang tidak baik untuk tubuh. Jika tubuh kekurangan asam lambung maka bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit dari bakteri yang masuk ke tubuh lewat makanan atau minuman. Jika asam lambung berlebihan maka bisa menyebabkan nyeri berlebihan pada perut. Berikut beberapa langkah untuk menjaga asam lambung agar seimbang :

  1. Konsumsi makanan yang seimbang dengan asupan vitamin, mineral dan protein.
  2. Hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam.
  3. Hindari makanan yang mengandung lemak berlebih seperti lemak pada daging merah dan daging ayam.
  4. Konsumsi ikan yang penuh dengan nutrisi yang baik untuk pencernaan seperti salmon, sarden atau ikan tuna.

Obat Alami Untuk Asam Lambung

Jelly Gamat Bio Gold

JELLY BIO GOLDJelly Gamat Bio Gold terbuat dari ekstrak Gamat atau juga dikenal dengan Teripang Emas, sudah banyak diketahui bahwa Teripang Emas memiliki banyak sekali manfaat untuk mengobati :

  • KANKER
  • MAAG AKUT
  • ASAM URAT
  • DIABETES
  • ASMA
  • POLIP
  • JANTUNG
  • GINJAL
  • MIOMA
  • STROKE
  • RADANG SENDI
  • KOLESTEROL
  • ALERGI
  • OSTEOPOROSIS
  • HIPERTENSI
  • ASAM LAMBUNG

Apa Saja Keunggulan Bio Gold?

  1. Gamat Bio Gold merupakan spesies Gamat terpilih
  2.  Ekstrak Gamat yang digunakan lebih banyak
  3. Lebih banyak Kolagen
  4. Protein lebih lengkap
  5. Tidak Berbau Amis
  6. Lebih stabil pada suhu dingin dan panas
  7. Tekstur lebih kental
  8. InsyaAllah cepat memberi reaksi untuk peningkatan Kesehatan, Pencegahan, Pengobatan dan Rehabilitasi pasca sakit.

    Baca Juga : Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Untuk Mendapatkan Jelly Bio Gamat Gold yang ASLI, BERKUALITAS, HALAL, dan Sudah Terdaftar di BPOM silahkan Klik Disini

sumber :

http://halosehatcom/penyakit/asam-lambung/penyebab-asam-lambung-naik

http://www.alodoktercom/penyakit-asam-lambung

http://asamlambungorg/faktor-penyebab-asam-lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *