Penyebab Ciri Dan Pencegahan Kolesterol Tinggi

Penyebab Ciri Dan Pencegahan Kolesterol Tinggi  ,-  Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan.

Penyebab Ciri Dan Pencegahan Kolesterol Tinggi

Menurut laporan WHO pada tahun 2011, diperkirakan sekitar 35 persen penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal yang baik untuk kesehatan. Artinya sepertiga penduduk Indonesia berisiko tinggi terkena penyakit arteri.

Penyebab Ciri Dan Pencegahan Kolesterol Tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi

  • Kurangnya aktivitas fisik

Aktivtitas fisik yang kurang akan membuat LDL di dalam darah akan semakin menumpuk sedangkan HDL akan semakin menurun. Hal ini akan mengakibatkan tidak semua kolesterol dapat diproses di hati untuk selanjutnya dibuang, sehingga timbunan kolesterol LDL dalam darah semakin meningkat.

  • Diet yang tidak sehat

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, daging, jerohan, dan makanan berminyak dapat meningkatkan kadar LDL di dalam tubuh. Penyebab Ciri Dan Pencegahan Kolesterol Tinggi

  • Kebiasaan merokok

Merokok dapat menurunkan kadar HDL yang berakibat pada peningkatan LDL. HDL yang terlalu rendah tidak dapat membawa kolesterol ke dalam hati untuk diproses dan hanya akan menumpuk di dalam darah.

  • Faktor keturunan

Tinggi rendahnya kadar kolesterol di dalam darah juga dipengaruhi oleh faktor keturunan atau genetika.

Baca Juga : Ciri Atau Gejala Menderita Radang Sendi

Ciri Kolesterol Tinggi

  • Nyeri Dada

nyeri dada

Ketika kolesterol sudah tinggi bisa menyebabkan penumpukkan lemak di dalam arteri. Kondisi ini sering membuat alirah darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Nyeri bisa memicu aliran darah yang tidak lancar dan bisa menjadi indikasi munculnya gejala penyakit jantung.

  • Sulit Bernafas

Kolesterol yang tinggi juga bisa menyebabkan pernafasan berjalan tidak nyaman. Kondisi ini terjadi ketika ada banyak kolesterol yang sudah menumpuk pada aliran arteri tubuh. Jantung sudah tidak bisa memompa darah dengan baik akibatnya tubuh mengalami kekurangan oksigen.

  • Muncul warna kuning pada jari

Warna kuning yang muncul pada jari-jari disebut dengan xanthomata. Hal ini terjadi karena penumpukan kolesterol yang berwarna kuning di area tersebut dan berkaitan dengan kolesterol karena faktor genetik.

  • Telinga berdenging

Kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan gejala telinga berdenging. Hal ini dapat terjadi karena plak kolesterol yang terbentuk menekan saraf yang ada di telinga.

  • Tubuh Sangat Lelah

Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi pada semua orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi. Masalah utamanya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah yang cukup dan kadar oksigen yang sangat rendah. Berbagai organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras sementara jantung dan pembuluh darah juga bermasalah. Bagi penderita diabetes maka kondisi bisa sangat mengkhawatirkan karena kadar gula yang terlalu tinggi dan insulin yang sangat rendah.

Pencegahan Kolesterol Tinggi

olahraga

  • Membatasi asupan lemak, minyak, dan produk-produk hewani

Makan makanan berlemak, berminyak, dan berlebihan dalam mengkonsumsi daging, jerohan, kuning telur, dan susu akan menyebabkan kolesterol meningkat. Tidak hanya kolesterol LDL, tetapi juga trigliserida yang terkandung pada makanan berminyak.

  • Makan banyak sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu mengikat kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat ini dapat meningkatkan kadar HDL dalam tubuh untuk dapat melakukan upaya pembersihan terhadap kolesterol jahat yang masih berkeliaran di dalam tubuh.
Vitamin C yang terdapat dalam sayur dan buah juga bermanfaat dalam membantu melarutkan lemak dan kolesterol.

  • Olahraga Teratur

Dalam 1 minggu dianjurkan untuk berolahraga minimal 3x seminggu dengan durasi masing-masing 30-60 menit. Dengan aktivitas fisik yang teratur, kadar HDL dalam darah dapat meningkat dan peningkatan kadar kolesterol LDL dapat dicegah.

  • Hindari merokok

Rokok mengeluarkan zat yang dapat menurunkan kadar HDL dalam tubuh sehingga HDL tidak dapat menjalan fungsinya dengan optimal.

Penyebab Ciri Dan Pencegahan Kolesterol Tinggi

Manfaat Teripang Emas Untuk Mengobati Kolesterol

Obat Herbal dan Alami Untuk Membantu Dalam Mengatasi Sakit Maag Akut, Menurunkan Asam Lambung dan Gangguan Pada lambung, Menurunkan Kolesterol, Kanker, Ginjal, Mioma, Stroke, Asam Urat, Asma, Polip, Alergi, Jantung, Radang Sendi, Osteoporosis, Diabetes, dan Hipertensi

Penyebab Ciri Dan Pencegahan Kolesterol Tinggi

Efektivitas teripang dalam menurunkan kolesterol telah dibuktikan oleh Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Mereka menyatakan bahwa kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah dan kolesterol tinggi penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang stichopus chloronotus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69 %.
Ekstrak teripang yang terdapat di dalam obat kolesterol Jelly Gamat Bio Gold ini berkhasiat untuk melenturkan dan mengecerkan pembuluh darah yang beku. Lebih sepesifiknya teripang bersifat sebagai Anti-lipidemic (membuang kolesterol), Anti-atherosclerotic (mencegah pengerasan arteri), Hypotensive (merendahkan tekanan darah), melenturkan pembuluh darah, dan melebarkan pembuluh darah, sehingga peredaran darah menjadi lancar kembali.

Promo GamatGold.Net

Jelly Gamat Bio Gold terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas ASLI, danBERKUALITAS sehingga kandungan di dalam Teripang tidak akan berkurang. Jelly Gamat Bio Gold sudah Terdaftar di Badan POM RI dan sudah bersertifikasi produk 100% HALAL. Untuk memudahkan pemesanan silahkan klik >>> DISINI

 

sumber
http://familiniacom/gejala-kolesterol/
http://www.alodoktercom/kolesterol-tinggi
https://halosehatcom/penyakit/kolesterol-tinggi/ciri-ciri-kolesterol-tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *