Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Asam Urat

Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Asam Urat ,-  Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Asam Urat

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Asam Urat

Penyebab Asam Urat

Seseorang yang memiliki tingkat asam urat yang tinggi dapat disebabkan ketika tubuh menghasilkan asam urat yang baik maupun ketidakmampuan organ ginjal untuk menghilangkan asam urat dengan cepat.

Tingkat asam urat tinggi dapat menyebabkan serangan semakin sering gout, atau mungkin tidak pernah menimbulkan masalah. Tingkat asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan beberapa orang untuk mengembangkan batu ginjal atau gagal ginjal. Dan beberapa orang dengan kadar asam urat tinggi juga mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau penyakit ginjal kronis.

Berikut ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan asam urat tinggi dalam darah :

  • Faktor usia

Sebagian besar gangguan asam urat terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40 hingga 50 tahun. Pada wanita, penyakit ini umumnya terjadi setelah mengalami masa menopause.  Gangguan asam urat jarang terjadi pada anak-anak dan remaja.

  • Jenis kelamin

Pria memiliki resiko lebih besar mengalami gejala serangan asam urat jika dibandingkan dengan wanita. Hal ini disebabkan karena hormon esterogen pada wanita mampu menurunkan kadar asam urat serta memperlancar pembuangannya melalui ginjal.

  • Riwayat keluarga

Seseorang yang mengalami gangguan asam urat lebih memungkinkan mewariskan hal yang sama bagi keturunannya kelak.

Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Asam Urat

  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan dipercaya mampu mengembangkan resiko gangguan asam urat, diantaranya :

  1. Mengkonsumsi obat-obatan diuretik seperti thiazide yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif, dan kondisi lain
  2. Mengkonsumsi aspirin dengan dosis rendah setiap hari yang biasanya digunakan untuk mencegah serangan jantung dan stroke
  3. Mengkonsumsi obat anti-penolakan seperti cyclosporine yang dikonsumsi setelah melakukan transplantasi organ untuk beberapa kondisi rematologi.
  4. Mengkonsumsi levodopa yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson
  5. Konsumsi niacin yang digunakan untuk meningkatkan high density lipoprotein (HDL) dalam darah.

Baca Juga : Gejala Penyakit Asam Lambung GERD

  • Diet

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat purin yang tinggi seperti : daging merah, jeroan (hati, ginjal), ikan kalengan, teri, ikan haring, asparagus, kembang kol, kacang, dan jamur dapat mengembangkan resiko gangguan asam  urat.

  • Kondisi kesehatan lainnya

Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan seperti obesitas, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, kolesterol yang tinggi, hypothyroidism (gangguan tiroid), psoriasis, anemia hemolitik, serta gangguan ginjal memungkinkan memiliki resiko lebih besar untuk terserang gangguan asam urat.

  • Minum terlalu banyak alkohol

Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan dosis sedang hingga tinggi sebanyak dua gelas per hari untuk pria, atau satu gelas perhari untuk wanita, dapat meningkatkan potensi resiko asam urat. Konsumsi bir berpotensi tinggi meningkatkan resiko gangguan asam urat

  • Paparan timbal

Paparan timbal dalam tingkat tinggi juga dipercaya dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat. Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Asam Urat

  • Konsumsi minuman yang terlalu manis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman ringan yang terlalu manis  atau pun minuman yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa adalah zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.

  • Mandi malam

Penyebab asam urat tinggi salah satunya adalah mandi malam. Dari jaman dahulu memang telah dipesan oleh orang tua agar jangan mandi terlalu malam, mandi malam memang ternyata dapat menyebabkan asam urat. Selain itu mandi malam dapat menyebabkan rematik dan berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh.

  • Pengobatan Asam Urat

Setelah mengetahui bahwa Anda sedang mengalami gangguan asam urat, sebaiknya segera beristirahat dan mengompres bagian sendi yang terasa nyeri dengan es batu yang dibungkus dengan handuk selama beberapa menit yaitu +/- 20 menit. Hindari menerapkan es batu langsung ke bagian sendi yang sakit, karena hal tersebut justru akan merusak permukaan kulit.

Pengobatan Asam Urat dengan Teripang Emas

Bio Gold terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas asli. Berbagai penelitian yang dilakukan para ahli telah membuktikan bahwa di dalam teripang emas terdapat kandungan gizi lengkap diantaranya 9 jenis karbohidrat, 59 jenis lemak, 19 jenis asam amino, 25 komponen vitamin, 10 jenis mineral dan 5 jenis sterol. Ada lebih dari 50 jenis senyawa aktif biologi seperti Protein 86,8%, Kolagen 80,0%, Mineral, Mukopolisakarida, Glucosaminoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah, Glucosamine dan Chondroitin, Saponin, Omega-3, 6, dan 9, Asam Amino, Lektin, Vitamin dan Mineral, serta Gamapeptide.

  1. Penelitian Dr MIttchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis di New York, Amerika Serikat menunjukkan bahwa teripang memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan fisik bagi penderita radang sendi akibat asam urat. Hal tersebut terjadi akibat glucosamin mampu merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian.
  2. Penelitian Walter Kee Mun Yee (ahli nutrisi), di Pulau Langkawi, Malaysia,teripang sohor sebagai obat untuk penyakit sendi akibat asam urat. Ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wisconsin University mengatakan, teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin. Kondroitin sulfat berperan memulihkan penyakit sendi. Sedangkan glukosamin merupakan zat antithrombogenik pelancar peredaran darah yang menggumpal. (pada penderita penyakit asam urat, jumlah glukosamin dan kondritin sedikit).

Promo GamatGold.Net

Gamat Gold terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas ASLI, dan BERKUALITAS sehingga kandungan di dalam Teripang tidak akan berkurang. Gamat Gold sudah Terdaftar  di Badan POM RI dan sudah bersertifikasi produk 100% HALAL. Untuk memudahkan pemesanan silahkan klik >> DISINI

 

sumber

  • http://www.alodoktercom/rematik-asam-urat/penyebab
  • https://halosehatcom/penyakit/asam-urat/penyebab-asam-urat
  • http://www.caramengobatisinusitis.rahasiaherbalcom/pengobatan-asam-urat-dengan-ekstrak-teripang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *