Perbedaan Antara Osteoarthritis Dengan Osteoporosis

Perbedaan Antara Osteoarthritis Dengan Osteoporosis ,- Tahukah Anda apa perbedaan osteoporosis dengan osteoarthritis? Yuk kita simak dulu apa itu osteoporosis?

Perbedaan Antara Osteoarthritis Dengan Osteoporosis

Perbedaan Antara Osteoarthritis Dengan Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu penyakit yang mengurangi kepadatan tulang sehingga beresiko patah tulang, hal ini di sebabkan kurangnya olah raga guna memperkuat otot & struktur sendi, kekurangan gizi, serta efek samping sejumlah obat & tentu saja perubahan hormone setelah menopause pada wanita.

Lalu apa itu Osteoarthritis?

osteoarthritis

Osteoarthritis adalah salah satu penyebab utama sakit punggung bagi orang-orang. Osteoarthritis, terutama terlihat pada orang tua, adalah mogok tulang rawan, disk, sendi dan cairan sinovial yang memungkinkan kebebasan tubuh kita gerak.

Osteoarthritis kebanyakan mempengaruhi tulang rawan, jaringan keras tapi licin yang menutupi ujung tulang di mana mereka bertemu untuk membentuk sendi. Tulang rawan yang sehat memungkinkan tulang untuk meluncur di atas satu sama lain. Hal ini juga menyerap energi dari shock gerakan fisik. Pada osteoarthritis, lapisan permukaan tulang rawan rusak dan menipis. Hal ini memungkinkan tulang rawan di bawah untuk menggosok bersama-sama, menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan hilangnya gerak sendi. Seiring waktu, sendi mungkin kehilangan bentuk normal.

Perbedaan Antara Osteoarthritis Dengan Osteoporosis

Penyebab dan Faktor Risiko Osteoarthritis

Dalam kasus osteoarthritis, tulang rawan mengalami kerusakan secara perlahan. Tulang rawan sendiri merupakan jaringan ikat padat yang kenyal, licin, serta elastis. Jaringan ini menyelubungi ujung tulang pada persendian untuk melindunginya dari gesekan saat ada pergerakan. Saat tulang rawan mengalami kerusakan, teksturnya yang licin akan menjadi kasar. Seiring waktu, tulang akan bertabrakan dan sendi pun akan terpengaruhi.

Faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena osteoarthritis, di antaranya:

  • Usia

Risiko osteoarthritis akan meningkat seiring bertambahnya usia seseorang, khususnya bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun.

  • Jenis Kelamin

Wanita lebih sering mengalami osteoarthritis dibandingkan pria.

  • Cedera Pada Sendi

Sendi yang mengalami cedera atau pernah menjalani operasi memiliki kemungkinan osteoarthritis yang lebih tinggi.

  • Obesitas

Berat badan yang berlebihan menambah beban pada sendi sehingga risiko osteoarthritis menjadi lebih tinggi.

  • Faktor Keturunan

Risiko osteoarthritis diduga bisa diturunkan secara genetika.

  • Cacat tulang

Seperti pada tulang rawan atau pembentukan sendi.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Penderita Hipertensi

Gejala Osteoarthritis

gejala osteoarthitis

Perbedaan Antara Osteoarthritis Dengan Osteoporosis

Rasa sakit dan kaku pada sendi merupakan gejala utama osteoarthritis. Gejala ini bahkan bisa membuat penderita kesulitan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Rasa sakit atau nyeri pada sendi biasanya akan muncul ketika sendi digerakkan, dan sensasi kaku akan terasa setelah sendi tidak digerakkan untuk beberapa waktu, misalnya saat bangun pagi. Beberapa gejala lain yang mungkin menyertai adalah :

  • Kelenturan sendi yang menurun.
  • Sensasi serta suara gesekan pada sendi ketika digerakkan.
  • Sendi yang mudah nyeri.
  • Otot melemah dan massa otot yang berkurang.

Jika penderita mengalami osteoarthritis di bagian tangan, gejala seperti munculnya benjolan dan bengkak di sekitar jari dapat terjadi. Dalam kasus tertentu, jari-jari tangan akan terlihat bengkok dan muncul benjolan kista di belakangnya.

Gejala-gejala tersebut bisa hilang timbul atau terjadi secara terus-menerus. Kekambuhan ini mungkin bisa dipengaruhi oleh jenis aktivitas yang dijalani serta cuaca.

Manfaat Teripang Emas Untuk Tulang

Obat Herbal dan Alami Untuk Membantu Dalam Mengatasi Sakit Maag Akut, Menurunkan Asam Lambung dan Gangguan Pada lambung, Menurunkan Kolesterol, Kanker, Ginjal, Mioma, Stroke, Asam Urat, Asma, Polip, Alergi, Jantung, Radang Sendi, Osteoporosis, Diabetes, dan Hipertensi

Promo Gamat Gold

Teripang Emas memiliki kandungan yang berperan menyembuhkan osteoporosis yaitu “Glucosamine dan Chondroitin“. Pasalnya kedua kandungan ini mampu mencegah inflamasi dan mengurangi rasa sakit, memelihara kesehatan sendi dan tulang, memperbaiki sendi yang rusak, menyokong kesehatan tulang rawan dan tendon, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memelihara pertumbuhan dan perkembangannya, membantu memelihara jaringan ligmen pada tulang, membantu mencegah & mengobati osteoporosis dan osteoarthritis.

Secara keseluruhan, manfaat teripang juga bisa dikatakan sebagai salah satu zat alami yang dapat membantu pengokohan tulang dan sendi. Ditemukannya senyawa Chondroitin sulfate di dalam teripang juga sangat bermanfaat untuk mereka yang mengalami pengeroposan sendi/osteoporosis akibat radang.

Senyawa tersebut juga dapat memperbaiki kembali serta membangun tulang rawan pembentuk sendi yang terkikis akibat benturan, kecelakaan, kelebihan berat badan yang berakibat pada kelainan struktur tulang dalam. Itulah yang akhirnya menjadi pertimbangan yang tepat oleh pemerintahan Australia dan Selandia Baru yang saat ini tengah mengembangkan obat-obatan anti radang sendi dan tulang bagi atlet-atlet dunia.

Perbedaan Antara Osteoarthritis Dengan Osteoporosis

Promo GamatGold.Net

Jelly Gamat Bio Gold terbuat dari 100% Ekstrak Teripang Emas ASLI, danBERKUALITAS sehingga kandungan di dalam Teripang tidak akan berkurang. Jelly Gamat Bio Gold sudah Terdaftar di Badan POM RI dan sudah bersertifikasi produk 100% HALAL. Untuk memudahkan pemesanan silahkan klik >>> DISINI

 

Sumber
http://doktersehatcom/apa-perbedaan-antara-osteoporosis-dan-osteoarthritis/
http://www.alodoktercom/osteoarthritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *