Tekanan Darah Normal Begini Menjaganya

tekanan darah normal begni menjaganya

Tekanan darah normal adalah tekanan darah yang angkanya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Tekanan darah adalah ukuran yang dapat menentukan seberapa kuat jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda. Agar kinerja tubuh maksimal, Anda harus memiliki tekanan darah normal. Lantas, berapa tekanan darah normal untuk setiap orang?

Orang Dewasa

Secara garis besar, tekanan darah pada tubuh seseorang dapat berubah setiap harinya. Tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya tekanan darah seseorang. Untuk tensi darah sendiri akan menunjukan angka stabil saat seseorang memasuki usia remaja hingga dewasa. Dimana di usia ini manusia akan memiliki tensi normal di angka 120/80 mmHg.

Angka 120 adalah angka untuk menunjukkan tingkat tekanan organ jantung saat memompa darah. Angka ini disebut sebagai angka sistolik yang akan menunjukkan seberapa kuat jantung Anda untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan, angka 80 adalah angka yang menunjukkan di mana organ jantung dalam keadaan istirahat sejenak dalam proses memompa darah. Angka ini juga disebut sebagai angka diastolik.

Baca : Tekanan Darah Tinggi Inilah Penyebabnya

Anak-Anak

Berbeda dengan orang dewasa atau yang sudah memasuki masa remaja, dimana tekanan darah sudah berada di angka yang relatif stabil. Namun untuk usia balita dan anak-anak, tensi normalnya sedikit sulit untuk diketahui. Dimana hal ini dikarenakan balit dan anak-anak memiliki fase pertumbuhan yang tergolong lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Misalnya saja untuk bayi yang baru lahir, umumnya akan memiliki tensi normal sebesar 90/80 mmHg. Tekanan ini akan berubah saat mereka memasuki usia 3 – 12 tahun, dimana angkanya akan berubah ke 104/113 mmHg hingga 119/127 mmHg.

Ibu Hamil

Berbeda dengan orang normal, tekanan pada ibu hamil juga menunjukkan angka yang cukup drastis untuk kenaikan atau penurunannya. Namun secara normal, tekanan pada ibu hamil berada di angka 120/80 mmHg. Dimana angka ini sama dengan tekanan orang dewasa. Namun untuk pengecualian, biasanya saat wanita sedang dalam kondisi hamil, mereka akan memiliki tekanan yang bisa berubah kapan saja. Hal ini disebabkan oleh faktor hormon yang sedang meningkat.

Baca : Sembuhkan Infeksi Dermatitis Kontak Jelly Gamat

Tips Menjaga Tekanan Darah Normal

Jika kamu memiliki tekanan darah normal, kamu disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan minimal 5 tahun sekali. Jika kamu termasuk golongan prehipertensi, kamu disarankan untuk rutin memeriksa tensi darah minimal 1 kali dalam setahun. Sedangkan jika kamu termasuk dalam kriteria hipertensi, segeralah berbicara dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips menjaga tensi darah agar tetap normal:

  • Berolahraga rutin. Selain memperkuat otot jantung, olahraga juga membuat pembuluh darah lebih elastis, mengurangi stres, dan membantu menurunkan berat badan.
  • Jagalah berat badan agar tetap ideal. Ini dilakukan untuk mencegah obesitas yang dapat meningkatkan risiko hipertensi.
  • Mengonsumsi makanan sehat. Misalnya dengan mengurangi konsumsi lemak, daging merah, makanan tinggi garam, maupun tinggi gula untuk menghindari darah tinggi.
  • Hindari rokok dan alkohol. Sebab, nikotin dalam rokok dan alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut, kaku, sehingga meningkatkan tekanan darah

Baca : Jantung Sakit Inilh Faktornya

Sedangkan bagi yang memiliki tensi darah rendah, beberapa hal di bawah dapat dilakukan untuk meningkatkan tensi darah:

  • Banyak minum air

    Selain mencegah dehidrasi, cairan juga dapat meningkatkan tensi darah. Oleh karenanya, cukupkan kebutuhan cairan harian Anda setiap hari.

  • Tambahkan garam dalam makanan

    Kebalikan dengan penderita darah tinggi yang harus membatasi konsumsi garam, penderita darah rendah dapat menggunakan garam lebih banyak. Walau demikian, konsultasikan dengan dokter tentang berapa jumlah yang dapat Anda konsumsi.

  • Menggunakan stoking khusus

    Stoking elastis khusus dapat digunakan untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan akibat varises yang berujung pada pengurangan pengumpulan darah di daerah kaki.

Tensi normal ini berlaku untuk orang dewasa. Angka tersebut berbeda pada anak-anak dan remaja. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa konsultasikan hal tersebut pada dokter.

 

 

Sumber :

  1. https://hellosehat com
  2. https://health.detik com
  3. https://www.halodoc com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *