Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

tips menurunkan tekanan darah tinggi

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi – Tekanan darah tinggi menjadi kondisi yang dianggap was-was bagi sebagian besar orang. Segala cara akan diupayakan untuk mengembalikan tekanan darah menjadi normal. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Entah itu dengan mengonsumsi obat atau terapi lainnya.

Ada cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Anda hanya butuh waktu satu menit saja untuk bisa menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi mungkin tidak mudah untuk diketahui, bahkan beberapa orang mungkin tidak menyadari masalah tersebut. Jangan diselepelekan karena tekanan darah tinggi adalah silent killer. Ia akan menimbulkan konsekuensi yang amat serius.

Baca Juga : Hipertensi Pencegahan dan Pengobatannya

Makanan Pemicu Darah Tinggi

Makanan Pemicu Drah Tinggi

makanan hipertensi yang harus dihindari jika Anda memiliki tekanan darah tinggi :

  • Kopi

    Anda punya kebiasaan minum kopi? Jika mengidap tekanan darah tinggi, kini saatnya menghilangkan kebiasaan ini. Sebenarnya tidak hanya kopi. Teh dan soda pun meningkatkan tekanan darah. Semua ini penyebabnya adalah kafein yang ada pada minuman-minuman tersebut.

  • Daging dan makanan olahan

    Kedua jenis makanan ini kerap diolah dengan cara diawetkan dengan menggunakan garam. Dengan demikian makanan ini menjadi tinggi natrium yang berbahaya bagi penderita diabetes.

  • Acar

    Acar mentimun memang nikmat di lidah, tetapi proses pembuatannya memerlukan garam agar mentimun tidak cepat busuk. Inilah yang membuat Anda disarankan menghindarinya agar tekanan darah tidak melonjak.

  • Saus kalengan

    Saus tomat, saus pasta, dan jus tomat yang sudah dikemas di kaleng mengandung kadar natrium tinggi. Dalam satu cangkir saus-saus tersebut mengandung lebih dari 450 mg natrium yang berpotensi menaikkan tekanan darah.

  • Kulit ayam dan makanan berlemak lainnya

    Kulit ayam dan makanan berlemak lain, seperti daging merah, susu berlemak, dan keju, dan mentega, mengandung asam lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenis ini dapat meningkatkan kolesterol jahat, hingga memperburuk tekanan darah tinggi Anda.

Baca Juga : Darah Tinggi Beginilah Ciri-Cirinya

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Yang Ampuh

tips menurunkan tekanan darah tinggi

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi – Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai cara menurunkan darah tinggi:

1. Jaga berat badan

Salah satu cara menurunkan darah tinggi adalah dengan menjaga berat badan agar ideal, artinya berat badan yang seharusnya Anda miliki menurut tinggi badan Anda. Menjaga berat badan yang sehat untuk tipe tubuh Anda dapat membantu menjaga tekanan darah Anda. Oleh karena itu, membuang berat badan berlebih sangat penting sebagai keberhasilan dari cara menurunkan darah tinggi

2. Berolahraga

Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit per hari dalam seminggu, dapat menjadi cara menurunkan darah tinggi secara perlahan namun pasti. Mengapa harus teratur dilakukan? Alasannya adalah karena jika Anda berhenti berolahraga, maka tekanan darah Anda akan meningkat kembali.

Jika Anda mengalami pre-hipertensi, berolahraga dapat membantu Anda untuk menghambat terjadinya hipertensi. Atau, jika Anda sudah mengalami hipertensi, berolahraga akan membantu tekanan darah Anda pada tingkatan yang aman.

Bentuk olahraga yang mungkin bisa Anda coba untuk menurunkan tekanan darah adalah jalan, jogging, bersepeda, berenang, atau bahkan menari. American College of Sports Medicine (ACSM) mengatakan bahwa latihan sederhana seperti berjalan atau melakukan tugas-tugas rumah dapat menurunkan tekanan darah. ACSM merekomendasikan jam minimal setengah dari moderat aktivitas fisik lima hari dalam seminggu.

Dengan menggabungkan latihan kardiovaskular (seperti berlari ataupun berenang) dalam rutinitas Anda, ternyata dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan efisiensi jantung. Kombinasi tersebut akan mengurangi tekanan darah Anda.

Baca Juga : Tekanan Darah Normal Begini Menjaganya

3. Kurangi konsumsi garam

Salah satu penyebab tingginya tekanan darah adalah konsumsi garam yang berlebih. Oleh karena itu, untuk mengurangi tekanan darah, Anda harus mengurangi konsumsi garam hingga kurang dari sekitar satu sendok teh garam per hari dapat membuat perbedaan besar dalam tekanan darah Anda.

4. Makan makanan yang sehat

Sebagai bagian dari cara menurunkan darah tinggi, cobalah untuk konsumsi makan makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak dan kolesterol. Meskipun mengubah kebiasaan makan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, namun Anda bisa mencoba untuk menerapkan pola makan yang sehat seperti berikut ini :

  • Menulis buku harian makanan. Tujuannya adalah untuk memantau apa dan seberapa banyak makanan yang telah Anda makan.
  • Mempertimbangkan meningkatkan kalium dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran. Kalium dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah.
  • Jadilah pembeli yang cerdas, yaitu dengan membaca label nutrisi makanan saat Anda berbelanja, dan tetap pada rencana makan makanan yang sehat –meskipun saat Anda makan di luar.

5. Berhenti merokok

Ternyata, setiap batang rokok yang Anda konsumsi dapat berkontribusi pada meningkatnya tekanan darah Anda. Oleh karena itu, berhenti merokok akan membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah.

6. Beraktivitas di luar ruangan

Rendahnya tingkat vitamin D di dalam tubuh ternyata berperan dalam meningkatkan tekanan darah. Selain itu menurut sebuah studi, diketahui bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin D ternyata tidak membantu meningkatkan tekanan darah.

Untuk itu, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan beraktivitas di luar ruangan sehingga kulit Anda terkena sinar matahari. Berdasarkan sebuah studi di tahun 2014, ditemukan bahwa ketika kulit terkena sinar matahari, reaksi kimia tersebut akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menjadi turun.

7. Cek tekanan darah Anda secara rutin

Melakukan pengecekan terhadap tekanan darah Anda secara rutin dapat menjadi cara menurunkan darah tinggi. Memantau tekanan darah secara teratur dapat membantu Anda melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi peningkatan tekanan darah atau bahkan hipertensi.

 

Sumber :

  1. https://www tribunnews com
  2. https://www alodokter com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *